Senin, 27 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Mei 2023 | 17:41 WIB

Hitekno.com - Microsoft meluncurkan Seri Xbox S dan X pada 10 November 2020, tepat dua hari sebelum Sony meluncurkan PS5. Namun, mengingat tanggal peluncuran keduanya, tidak ada yang dapat mengatakan bahwa keduanya bermaksud bersaing satu sama lain.

Microsoft menggunakan desain yang sangat sederhana untuk cocok dengan nama konsolnya. Seri Xbox mengambil desain kotak tanpa lubang atau potongan yang tidak perlu di sekitarnya. PS5, di sisi lain, mengambil desain yang lebih canggih dengan potongan di sekitarnya.

Mengejutkannya, tampaknya taruhan Sony pada desain canggih berhasil. Saat ini, PS5 adalah salah satu konsol terlaris yang bisa Anda dapatkan di pasar sekarang.

Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk Xbox yang seharusnya menjadi pesaing langsung. Hal ini telah menimbulkan banyak kekhawatiran di Microsoft yang memaksa mereka untuk berbicara terbuka tentang hal ini.

Dilansir dari Gizchina, CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, membuat pernyataan terbuka di saluran YouTube Xbox Community.

Cloud gaming - Xbox Cloud Gaming. (PlayStation)

Menurutnya, Xbox tidak dapat memenangkan perang konsol melawan PS5 dan Nintendo Switch. Dia mengatakan bahwa menggunakan strategi konvensional tidak dapat membuat Xbox menang.

Phil Spencer membuat pernyataan ini selama penampilannya di Kinda Funny Games, saluran YouTube Xbox Community.

Dalam pernyataannya, Spencer menjelaskan bahwa tidak realistis untuk berpikir bahwa pemain Sony atau Nintendo akan beralih seketika hanya karena game Xbox tertentu.

"Tidak benar bahwa jika kami membuat game yang hebat, tiba-tiba Anda akan melihat pergeseran pangsa pasar konsol secara dramatis. Kami kehilangan generasi terburuk untuk kalah di Xbox One," katanya.

Ada keyakinan bahwa Microsoft bisa mengubah hal-hal menjadi menguntungkan jika mereka membuat lebih banyak game. Namun, Spencer meremehkan keyakinan ini juga. Dia mengatakan bahwa itu tidak benar-benar terkait dengan realitas orang.

"Kami tidak berbisnis untuk mengalahkan Sony atau Nintendo dalam hal konsol. Tidak ada solusi yang sangat bagus untuk kami," katanya.

Spencer lebih percaya bahwa Xbox seharusnya fokus pada area lain yang bisa menghasilkan lebih banyak uang. Alih-alih mencoba bersaing dengan PS5 dan Nintendo Switch dalam hal penjualan, Xbox lebih fokus pada layanan seperti Game Pass, Xcloud, dan memastikan bahwa game mereka bekerja dengan lancar di semua perangkat.

"Saya melihat banyak ahli di luar sana yang ingin kembali ke waktu ketika kita semua memiliki kartu dan cakram, dan setiap generasi baru adalah kanvas kosong, dan Anda bisa beralih ke seluruh pangsa pasar konsol," katanya.

Singkatnya, Spencer mencoba mengatakan bahwa orang tidak akan mulai menjual konsol PS5 mereka hanya karena game eksklusif Xbox tertentu. Oleh karena itu, perusahaan lebih memfokuskan energinya untuk memastikan bahwa mereka yang memiliki konsol Xbox akan menikmati pengalaman pengguna terbaik.

BACA SELANJUTNYA

Ramaikan Tahun Baru Imlek, Hadir Penawaran Ekslusif PC Game Pass dari Xbox