Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 09 Mei 2023 | 20:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Riset pasar terbaru mengungkap bahwa calon konsumen semakin meminati TV layar besar dengan resolusi tinggi. Firma riset Technavio membeberkan prediksi perkembangan TV 4K pada beberapa tahun ke depan.

Technavio memperkirakan bahwa pasar TV 4K akan tumbuh sekitar 17,54 persen secara YoY di pasar global pada 2023.

Pasar TV 4K tampaknya akan melihat Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan sekitar 19 persen dalam periode lima tahun mulai dari 2022 dan 2027.

Mereka menambahkan bahwa pasar 4K akan mencapai 183 miliar dolar AS atau Rp 269 triliun.

Dengan kata lain, pasar bakal berlipat ganda dalam beberapa tahun mendatang. Meningkatnya popularitas TV resolusi tinggi ini terjadi berkat masifnya penjualan TV dengan layar yang lebih besar.

Prediksi perkembangan TV 4K di pasar global. (Technavio)

Laporan Technavio menyatakan bahwa ukuran standar TV hanya sekitar 40 inci. Namun karena pergeseran tren di pasar, TV yang dibuat bahkan melampaui ukuran 80 inci.

Selain itu, karena smart TV semakin populer di pasar, pelanggan juga mulai tertarik pada model yang mendukung resolusi 4K.

Dikutip dari Gizmochina, meski potensi pasar TV 4K cukup besar, namun pasar masih menghadapi banyak tantangan.

Salah satu kendala terbesar adalah kurangnya konten 4K. Beberapa negara yang menyerap pasar TV 4K cukup tinggi yaitu Amerika Serikat, China, Inggris, India, dan Jerman.

Terdapat lebih dari 15 perusahaan besar yang mengincar ceruk pasar smart TV 4K.

Smart TV TCL Q725 4K QLED TV. (TCL)

Sebagian perusahaan tersebut mencakup Apple, Hisense, LG Electronics, Samsung, Sharp, Sony, TCL, Toshiba, Panasonic, dan Xiaomi.

Ada pula perusahan lain seperti Elitelux Australia, Haier Smart Home, Roku, Skyworth Group, Vu Television, Vizio Group dan lain-lain.

Sebagai informasi, Xiaomi baru saja mengenalkan Xiaomi TV A55/A65 Competitive Edition. Perangkat dibekali layar 55 inci hingga 65 inci dengan resolusi 4K serta refresh rate 120 Hz.

Harga Xiaomi TV A55 Competitive Edition dibanderol sebesar 1.799 yuan atau Rp 3,8 juta. Philips serta Sharp juga memamerkan smart TV 4K dengan Mini LED di CES 2023.

BACA SELANJUTNYA

Smart TV Dahua UHD SD400 Resmi Rilis, Berapa Harganya?