Jum'at, 19 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Jum'at, 12 Mei 2023 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dirilis pada tahun 2022, saat ini iPhone 14 merupakan produk flagship Apple yang masih diminati oleh banyak orang. Bahkan, di awal peluncurannya, banyak orang yang menjual iPhone model lawasnya agar mendapat tambahan dana untuk membeli iPhone 14 Series.

Setelah Anda berhasil menjual iPhone lama Anda, agar tidak pusing, sangat disarankan untuk membeli iPhone 14 impian Anda di official store iPhone seperti Hello Store ID. Di Hello Store, Anda tidak hanya dapat menemukan iPhone, namun berbagai produk Apple yang pastinya original dan bergaransi ada di sini, termasuk iPhone 14.

Nah, jika Anda ingin menjual hp iPhone lama Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjual iPhone lawas Anda.

5 Tips Menjual iPhone

1. Back Up Data dan Sign Out Apple ID

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah melakukan back up data yang ada di iPhone lawas Anda. Data yang perlu Anda back up antara lain kontak, foto, hingga back up chat dari aplikasi pesan yang Anda gunakan. Anda bisa memastikan kembali jika Anda sudah melakukan back up, khususnya untuk Anda yang mematikan backup otomatis dari sistem.

Selain back up data, jangan lupa mengeluarkan akun iCloud, Itunes, dan Apple ID yang Anda gunakan di iPhone lawas Anda. Dengan begitu, pemilik baru iPhone Anda dapat mendaftarkan Apple ID miliknya dan akun Anda tidak lagi berhubungan dengan iPhone tersebut. Jangan lupa juga untuk memastikan Anda sudah menghapus iPhone lawas dari aplikasi Find My iPhone.

2. Bersihkan iPhone dan Siapkan Perlengkapannya

Langkah selanjutnya adalah membersihkan iPhone Anda, terutama bagian belakang ponsel yang tertutupi oleh casing hp. Anda bisa membuka casing tersebut terlebih dahulu, dan bersihkan secara perlahan bodi hp menggunakan kain lap yang dibasahi sedikit air.

Bersihkan juga perlengkapan lainnya, seperti casing, kabel charger, dan juga kepala charger. Selain itu, jika iPhone lawas Anda menggunakan pelindung layar dan sudah ada beberapa kerusakan, ada baiknya mencopot pelindung layar tersebut agar iPhone terlihat seperti baru dan terlihat lebih rapi.

Anda juga bisa membersihkan layar, pastikan tidak ada goresan atau kerusakan, dan hapus semua data pribadi dari iPhone Anda. Anda juga dapat memasang tempered glass atau pelindung layar tambahan untuk melindungi layar iPhone dari goresan atau kerusakan.

3. Tentukan Tempat Menjual dan Harga iPhone

Setelah semua siap, selanjutnya Adalah tentukan tempat Anda akan menjual iPhone Anda. Jika Anda ingin menjual iPhone Anda secara cepat, Anda bisa menjualnya dengan pergi ke toko ponsel bekas. Namun, jika Anda ingin jual secara santai, Anda bisa menjualnya secara online.

Jika ingin menjual secara online, Anda perlu mengambil foto unit iPhone lawas Anda dengan jelas agar calon pembeli memiliki gambaran yang jelas mengenai unit iPhone bekas tersebut. Setelahnya, tentukan harga yang wajar untuk iPhone Anda. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Lihat harga iPhone yang serupa yang dijual di situs web penjualan online dan lihat harga yang kompetitif. Anda juga harus mempertimbangkan kondisi dan umur iPhone Anda.

Sesuaikan harga jual dengan kondisi iPhone, kapasitas memori iPhone, model iPhone, hingga status iPhone dan juga perlengkapannya.

4. Promosikan iPhone Anda Melalui Media Sosial

Agar iPhone Anda dapat cepat laku, Anda bisa mempromosikan iPhone tersebut melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Buat posting tentang iPhone Anda, lengkapi dengan deskripsi yang jelas dan foto yang menarik. Gunakan hashtag yang relevan untuk membantu orang menemukan posting Anda.

Anda juga bisa mempromosikan iPhone Anda di tempat-tempat yang sesuai seperti forum gadget atau kelompok Facebook yang relevan. Jangan lupa untuk mengiklankan iPhone Anda pada kelompok atau forum yang mempunyai audiens yang terkait dengan iPhone Anda. Ini akan membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih banyak dan meningkatkan peluang Anda untuk menjual iPhone Anda.

5. Bertemu Dengan Pembeli

Sistem COD (Cash On Delivery) merupakan salah satu sistem pembayaran yang umum dipilih saat seseorang akan membeli iPhone bekas. Alasannya, seseorang dapat melihat dan memeriksa unit iPhone tersebut sebelum deal oleh penjualnya.

Bertemu langsung dengan pembeli potensial untuk menunjukkan iPhone Anda secara langsung dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memeriksa kondisi iPhone Anda. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pembeli potensial dan menunjukkan kepercayaan diri pada produk yang Anda jual.

Demikian penjelasan dan tips untuk menjual iPhone lawas Anda. Setelah dana terkumpul, Anda bisa membeli iPhone terbaru di official store iPhone Hello Store. Sebagai bagian dari Blibli.com, Hello Store ID merupakan official store iPhone yang terpercaya, sehingga hanya menjual produk Apple yang terdaftar dan sudah pasti original.

BACA SELANJUTNYA

Pengusaha Hong Kong Terlibat Penyelundupan Produk Apple Senilai 2 Juta Dolar AS, Triknya Tak Terduga