Senin, 25 September 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Mei 2023 | 11:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ingin menghasilkan foto malam hari dengan kamera HP yang bagus? Fotografer Dika Fidia membangikan beberapa trik bagaimana bikin foto malam hari dengan kamera HP Samsung Galaxy A54 5G.

HP Samsung Galaxy A54 5G sendiri diklaim punya kamera dengan kemampuan handal menangkap berbagai momen, termasuk dalam keadaan low-light sekalipun.

Diluncurkan pada Maret lalu, Samsung Galaxy A54 5G dirancang dengan kamera HP yang memakai formasi triple camera belakang dengan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa makro 5MP.

Sementara di depan, HP Samsung Galaxy A54 5G ini diperkuat selfie camera 32MP.

"Samsung Galaxy A54 5G mampu menghadirkan pengalaman fotografi sekelas flagship dengan harga terjangkau. Didukung kemampuan Nightography pada fitur night mode dan teknologi Optical Image Stabilization dengan sudut yang lebih lebar, membuat hasil foto dan video lebih stabil. Pemrosesan gambar pun dibantu AI, sehingga konten tetap tampak tajam, cerah, dan jelas walau di kondisi minim cahaya sekalipun," kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Inilah trik dari fotografer Dika Fidia yang membuat smartphone ini mumpuni untuk mengambil konten foto dan video pada kondisi low-light atau di malam hari menggunakan fitur nightography:

Nightography dengan Night Mode

Untuk menggunakan Night Mode, buka app Camera, geser ke More dan tap Night, lalu jepret. Jaga stabilitas, karena kamera butuh sedikit waktu untuk mengumpulkan cahaya. Lebih baik gunakan tripod.

Nightography dengan Pro Mode

Untuk Pro Mode, turunkan kecepatan shutter untuk menangkap lebih banyak cahaya, lalu atur ISO yang lebih tinggi (ISO 400 atau lebih).

Pro Mode - Night Mode di Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)

Video editing Nightography

Setelah foto-foto disimpan, waktunya untuk memberikan sentuhan akhir agar hasilnya tambah awesome untuk di-share di medsos kamu. Gunakan fitur AI Image Enhancer, yaitu Remaster Picture dan Object Eraser, di Galaxy A54 5G untuk meningkatkan kualitas foto-fotomu.

Fitur Remaster Picture akan mengurangi blur dan noise di foto dan meningkatkan resolusi foto, sehingga foto akan terlihat lebih tajam dan hidup.

Triknya, buka Gallery foto, pilih foto yang akan di-Remaster. Tap pada tanda titik tiga di pojok kanan bawah. Pilih Remaster picture. Kamu akan melihat fotomu dalam keadaan sebelum dan sesudah di-remaster. Kalau menurutmu sudah ok, tap Save. Kamu akan melihat foto itu di dalam Gallery.

Remastering Pictures di Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)

Seringkali saat berfoto ada objek yang tidak kita inginkan dan mau kamu hapus. Tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan fitur Object Eraser, salah satu menu pada fitur Gallery, untuk menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan dari fotomu.

Triknya adalah: buka Gallery foto, pilih foto yang hendak diolah. Lalu, pilih gambar eraser (penghapus) yang ada di bawah foto. Lalu tap pada ikon titik tiga yang ada di deret paling kanan, tap Object Eraser. Highlight area yang mau kamu perbaiki dengan menyentuhnya, lalu tap pada Erase. Kemudian tap Done. Pilih Save untuk menyimpan perubahan. Fotomu akan tersimpan di Gallery.

Samsung Galaxy A54 5G ini sudah dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ yang didukung refresh rate 120Hz dan desain Infinity-O yang kekinian. Kombinasi tersebut membuat layar HP ini sangat optimal untuk mengedit konten foto ataupun video.

Object Eraser di Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)

Performa untuk Hunting Konten Sampai Puas

Dibawa motoran malam-malam untuk merekam banyak konten dengan angle yang estetik tak akan membuat performa Samsung Galaxy A54 5G melempem.

Sebaliknya, berbekal chipset Exynos 1380 yang dibuat pada proses fabrikasi 5nm membuat Galaxy A54 5G memiliki performa awesome untuk memotret, mengedit konten, bahkan multitasking. Sebab CPU Octa Core di dalam SoC ini menggunakan dua inti besar berbasis Cortex A78 dengan kecepatan clock hingga 2,4GHz.

Performa ini diperkuat pula oleh kapasitas baterai besar 5.000mAh yang tahan sampai dua hari lebih, dan memori RAM 8GB dengan RAM Plus 8GB. Ia bahkan sudah tersertifikasi IP67 sehingga sudah kedap air dan debu. Simpan foto dan draft kontenmu dalam penyimpanan internalnya yang besar yaitu 256GB yang bisa ditambah sampai 1TB dengan kartu memori eksternal.

Samsung Galaxy A54 5G bisa didapat dengan harga mulai dari Rp5.999.000 untuk konfigurasi memori 8GB/128GB dan Rp6.399.000 untuk varian tertinggi 8GB/256GB. Tersedia empat pilihan menarik, yakni Awesome Lime, Graphite, Violet, dan White.

Itulahh beberapa trik bikin foto malam hari dengan kamera HP Samsung Galaxy A54 5G dari fotografer Dika Fidia. 

BACA SELANJUTNYA

Bukan iPhone, Ini 10 HP dengan Kamera Terbaik 2023