Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Mei 2023 | 12:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony Indonesia kembali mengenalkan kamera vlog baru mereka. Kini dihadirkan Sony ZV-E1 yang dihadirkan sebagai kamera full frame yang ditujukan untuk konten vlog.

Kamera Sony ZV-E1 hadir dengan lensa yang dapat ditukar dengan sensor gambar full frame 35mm berperforma tinggi dan diklaim memberikan pengalaman pembuatan konten terbaik.

Diposisikan di atas pada jajaran kamera Vlog Sony, kamera ini menawarkan E-mount Sony, teknologi canggih, gambar sinematik dengan performa gradasi yang kaya, noise rendah, dan sensitivitas tinggi.

Bodi yang paling ringkas dan ringan di dunia menawarkan mobilitas yang luar biasa, sementara pengoperasian yang disempurnakan memberikan kebebasan berkreasi dan keserbagunaan maksimum bagi para vlogger dan content creator kelas atas.

Dengan kamera vlog ini, pengguna juga dapat mengambil gambar tanpa khawatir dalam kondisi apa pun, baik saat bepergian di luar ruangan atau di dalam ruangan, serta membagikan hasilnya dengan mudah di platform apa pun yang diinginkan.

Fitur utama Sony ZV-E1:

  • Kamera vlog dengan lensa yang dapat ditukar full frame terkecil dan teringan di duniaii
  • Sensor CMOS Exmor R back-illuminated full frame dengan 15+ stop garis lintang dan sensitivitas tinggi
  • Sistem E-mount Sony
  • Mesin pemrosesan gambar BIONZ XR
  • Real-time Recognition AF berbasis AI dan Real-time Tracking yang Tangguh
  • 4K 60p, 4K 120p yang Dapat Ditingkatkan
  • Cinematic Vlog Setting termasuk S-Cinetone
  • Stabilisasi gambar optik 5-sumbu dalam bodi dan stabilisasi Mode aktif Dinamisv
  • Framing Otomatis dan Framing Stabiliserviii berbasis AI
  • S-Gamut3.Cine/S-Log3 dan S-Gamut3/S-Log3
  • Fungsi Breathing Compensation
  • Product Showcase Setting dan one-touch Bokeh Switch
  • Mikrofon 3 Kapsul Cerdas dengan direktivitas variabel
  • Layar LCD sentuh vari-angle untuk memudahkan pemantauan
  • Konektivitas smartphone yang mudah dan stabil
  • Didesain dengan mempertimbangkan keberlanjutan

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, "ZV-E1 telah didesain untuk memberikan pengalaman pembuatan konten terbaik bagi para vlogger dan content creator kelas atas yang ingin meningkatkan konten mereka. Kamera ini adalah kamera yang luar biasa bagi para kreator yang menginginkan kamera vlog pembuatan konten terbaik yang didukung oleh teknologi AI untuk menghasilkan konten terbaik."

Gambar ekspresif yang menekankan subjek

Sony ZV-E1 adalah kamera vlog khusus yang dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor R back-illuminated full frame 35mm dengan sekitar 12,1 megapiksel efektif yang menghasilkan sensitivitas tinggi, noise rendah dan bokeh yang indah.

Dengan daya pemrosesan hingga 8 kali lebih besar dibandingkan tipe sebelumnya, mesin pemrosesan gambar BIONZ XR secara nyata meningkatkan performa sensitivitas tinggi, rendering gradasi, reproduksi warna, performa noise rendah, dan masih banyak lagi.

Volume data tinggi yang dihasilkan oleh sensor gambar dapat diproses dalam waktu nyata, bahkan ketika pengambilan gambar 4K (QFHD: 3840 x 2160) pada 120p. Prosesor BIONZ XR juga berkontribusi secara signifikan pada peningkatan kecepatan dan presisi AF.

Video 4K (QFHD) berkualitas tinggi dapat direkam dengan pembacaan full frame pada 10-bit 4:2:2 tanpa memerlukan 40 pixel binning. Hal ini membuat keuntungan ekspresif dari format full frame tersedia untuk perekaman video sekaligus menghasilkan rekaman 4K resolusi tinggi tanpa moiré atau jaggies.

Pengguna dapat merekam 4K 60p dan dapat meningkatkannya hingga 4K 120p melalui Creators' Cloud dan akan mendapatkan gambar slow motion 5x (maks.) yang sangat mulus.

Jika memutar ulang video secara langsung dalam slow atau quick motion dengan mode S&Q saat menggunakan format XAVC S-I pada 60p, kecepatan bit maksimum 600 Mbps (4:2:2 10-bit, H.264, All-I) menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa.

Ketika ditingkatkan dan menggunakan format XAVC S, slow motion hingga 10x dengan resolusi Full HD dapat digunakan pada 240 fps yang memberikan perspektif baru pada olahraga dinamis dan jenis aksi lainnya.

Garis lintang 15+ stop memungkinkan untuk menangkap gambar yang terlihat natural dalam berbagai macam situasi pencahayaan tanpa kehilangan detail sorotan atau bayangan.

Rentang ISO standar meluas dari 80 hingga 102400 untuk foto dan film. Rentang yang diperluas untuk foto adalah 40 hingga 409600, dan rentang yang diperluas untuk film adalah 80 hingga 409600.

Mengubah aspirasi sinematik menjadi kenyataan

Sony ZV-E1 dapat menciptakan konten yang menonjol dengan Cinematic Vlog Settings - cara intuitif untuk menciptakan adegan yang terlihat seperti film.

Dengan memilih Look dan Mood yang sesuai, siapa pun dapat membuat rekaman vlog sinematik yang secara ideal sesuai dengan adegan dan maksud kreatif.

Cinematic Vlog Setting mencakup ‘Looks’ yang menghasilkan mid-tone natural, ditambah warna-warna lembut dan sorotan halus yang sangat penting untuk tampilan sinematik dan menyempurnakan warna kulit, ‘Moods’ yang menegaskan warna tertentu, dan kecepatan transisi AF yang menentukan seberapa cepat autofokus akan beralih di antara berbagai subjek.

Keseluruhan kesan sinematik semakin ditingkatkan dengan frame rate 24 fps dan rasio aspek Cinemascope layar lebar (2,35:1) dengan pita hitam di atas dan di bawah gambar.

Untuk tampilan yang benar-benar sinematik, Sony ZV-E1 memiliki fitur S-Cinetone. Berdasarkan teknologi Sony Cinema Line, S-Cinetone menghasilkan mid-tone natural yang penting untuk warna kulit yang tampak sehat agar dapat menghasilkan kualitas sinematik.

Pilihan Creative Look baru memudahkan untuk menciptakan tampilan yang menarik untuk foto dan video, langsung dari kamera. 10 Creative Look disediakan sebagai preset yang dapat digunakan sebagaimana adanya, atau disesuaikan.

Terlebih lagi, My Image Style yang baru saja ditambahkan, memungkinkan untuk mengambil gambar dalam mode Intelligent Auto atau Scene Selection, serta ikon pada monitor yang touch-sensitive memudahkan untuk secara langsung menyesuaikan latar belakang bokeh, kecerahan, dan nada warna, serta memilih Creative Look. 

Teknologi AI plus menghasilkan gambar yang memukau secara konsisten

Real-time Recognition AF menyatukan unit pemrosesan AI inovatif yang menggunakan data bentuk subjek untuk mengenali pergerakan secara akurat - teknologi estimasi pose manusia menggunakan bentuk dan postur manusia yang sudah dipelajari untuk mengenali, tidak hanya mata, tetapi juga posisi tubuh dan kepala dengan ketepatan yang tinggi, sehingga memungkinkan untuk mengunci dan melacak subjek yang membelakangi kamera.

Unit pemrosesan AI bahkan dapat membedakan antara beberapa subjek yang memiliki postur tubuh yang berbeda, dan pengenalan wajah individu juga sudah lebih baik, sehingga keandalan pelacakan dapat dicapai dalam situasi yang menantang, seperti apabila wajah subjek dimiringkan, dalam bayangan, atau cahaya latar.

Selain Manusia dan Hewan, unit pemrosesan AI sekarang memungkinkan untuk mengenali subjek Burung, Serangga, Mobil/Kereta Api dan Pesawat Terbang, memberikan fleksibilitas dan keandalan yang lebih besar lagi ketika pengambilan foto dan video.

Sony ZV-E1 memiliki Real-time Trackingiv berbasis AI yang dapat diaktifkan dengan menentukan subjek dan menekan separuh tombol shutter. Kamera akan secara otomatis melacak subjek, sehingga pengguna bebas berkonsentrasi pada framing dan komposisi.

Kamera Sony ZV-E1 ini dilengkapi dengan Hybrid AF cepat untuk akuisisi yang cepat dan pelacakan yang tangguh, serta pengaturan AF yang mendetail untuk ketepatan dan kontrol terbaik.

Unit stabilisasi yang ringkas dan presisi serta sensor gyro dengan algoritma yang dioptimalkan mencapai stabilisasi hingga 5,0 step yang membantu menghasilkan potensi kualitas gambar penuh dari Sony ZV-E1.

Goyangan kamera terdeteksi dan dikoreksi secara efektif dalam 5 axis dan stabilisasi gambar dalam bodi kamera vlog dapat memberikan stabilisasi yang efektif dengan berbagai macam lensa, termasuk lensa E-mount yang tidak memiliki stabilisasi sendiri.

Stabilisasi mode aktif dinamis sekitar 30% lebih efektif dibandingkan Mode Aktif yang disediakan pada model sebelumnya. Hal ini membuatnya lebih mudah dibandingkan sebelumnya untuk merekam vlog yang mulus dan stabil, sambil bergerak untuk ekspresi yang berani dan dinamis.

Fitur lain yang luar biasa dari Sony ZV-E1 adalah Auto Framing berbasis AI untuk video yang ideal untuk merekam wawancara, pertunjukan musik, memasak, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan teknologi pengenalan subjek berbasis AI, fitur Auto Framing secara otomatis memotong frame untuk menjaga subjek tetap dalam posisi yang menonjol saat merekam video.

Bahkan tanpa menggerakkan kamera, framing terus disesuaikan untuk mengikuti subjek dengan lancar, yang juga akan membantu untuk pengoperasian pengambilan gambar tunggal. Subjek yang akan dilacak dapat dengan mudah dipilih melalui monitor kamera yang touch-sensitive atau aplikasi Creator’s App pada smartphone.

Breathing Compensation menekan pergeseran gambar saat pemfokusan untuk mempertahankan sudut pandang yang konsisten serta menghasilkan efek pemfokusan yang halus dan dramatis.

Kamera Sony ZV-E1 ini juga dilengkapi dengan fitur Multiple Face Recognition yang secara otomatis menyesuaikan bokeh dan fokus pada beberapa wajah yang dikenali ketika pengambilan gambar group selfie atau group portrait - mencegah masalah seperti hanya wajah yang berada di depan yang berada dalam fokus, sementara wajah yang berada di belakang tidak fokus. 

Sony ZV-E1 juga memiliki Framing Stabiliserxxxiv yang secara otomatis menjaga posisi subjek dalam frame tetap konstan. Teknologi pengenalan subjek berbasis AI yang canggih bekerja dengan stabilisasi gambar Mode aktif Dinamis kamera untuk menjaga subjek tetap mulus dan stabil dalam frame sesuai keinginan pengguna selama pengambilan gambar handheld.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ekspresi video yang mulus, seperti ketika mengambil gambar lanjutan atau pengambilan gambar di sekitar subjek.

Dengan warna kulit Sony ZV-E1 yang dioptimalkan secara independen untuk foto dan video, warna kulit terlihat natural dan indah, baik saat mengambil foto selfie maupun vlogging. Kamera ini juga dilengkapi dengan Bokeh Switch untuk peningkatan latar belakang bokeh dengan sekali sentuh dan efek kulit yang halus saat merekam video.

Tentunya, Sony ZV-E1 juga menyertakan Product Showcase Setting untuk video ulasan produk, sehingga pengguna dapat mengalihkan fokus secara mulus dari wajah presenter ke produk yang dipegang di depan lensa, dan kembali lagi.

Zoom yang halus, sederhana, dan serbaguna

Pengguna dapat memperoleh kontrol zoom yang kreatif dengan ZV-E1. Tuas zoom yang terletak di bagian atas pegangan, tidak hanya mengontrol lensa power zoom yang kompatibel, tetapi juga memungkinkan Clear Image Zoom untuk digunakan dengan lensa unpowered zoom dan lensa prime dengan degradasi gambar yang lebih sedikit. Hal ini secara signifikan mengurangi jumlah lensa yang diperlukan untuk berbagai proyek.

Real-time Recognition AF, Real-time Tracking, dan pengaturan area fokus tetap aktif saat melakukan zoom secara digital atau dengan Clear Image Zoom, memastikan bahwa presisi dan kecepatan penuh sistem phase-detection AF kamera tercapai, bahkan sewaktu melakukan zoom digital.

Mengontrol waktu untuk menangkap momen dan situasi yang tak terlupakan

Pembuatan Time-lapse dalam kamera adalah fitur hebat bagi pengguna yang ingin merekam Time-lapse, seperti pergerakan awan, orang, kota dan subjek lainnya yang berubah secara perlahan dengan cara yang unik dan ekspresif. Interval pencahayaan dapat ditetapkan dari 1 detik hingga 60 detik, sehingga memudahkan untuk mengompres gerakan lambat ke dalam time-lapse yang menyenangkan.

Audio canggih untuk konten vlog  

ZV-E1 dilengkapi dengan mikrofon 3 kapsul berperforma tinggi dengan direktivitas variabel yang dapat menangkap audio yang jernih dalam situasi di luar ruangan, di mana angin dan kebisingan lingkungan dapat menjadi masalah, serta dilengkapi dengan windscreen yang secara signifikan mengurangi kebisingan angin ketika melakukan pengambilan gambar di luar ruangan yang berangin.

Pengaturan direktivitas Auto, Front, All Directions, dan Rear tersedia untuk menyesuaikan dengan berbagai lingkungan, dan secara otomatis beralih ke arah yang sesuai dengan pengenalan wajah, sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat rekaman yang optimal.

Kamera ini juga memiliki Multi Interface (MI) shoe dengan interface audio digital dan jack mikrofon serta headphone yang menawarkan kemampuan audio yang diperluas.

Dukungan pengeditan canggih untuk menyampaikan maksud kreator 

ZV-E1 mendukung mode perekaman video canggih - kemampuan pembacaan cepat dan pemrosesan data volume tinggi dari sensor gambar full frame memungkinkan pembacaan 4K full frame tanpa pixel binning, ditambah lagi dengan berbagai format perekaman yang menghasilkan kualitas gambar yang sangat ditingkatkan serta pengeditan yang lebih fleksibel dan efisien pada saat pascaproduksi.

ZV-E1 dapat merekam video 10-bit 4:2:2 secara internal apabila menggunakan kompresi Long GOP atau All Intra, mendukung perekaman intra-frame (All-I) internal dan perekaman format XAVC HS menggunakan codec MPEG-H HEVC/H.265 sehingga menghasilkan efisiensi sekitar dua kali lipat.

Kamera vlog ini juga memiliki ISO Fleksibel, yang diatur ke AUTO atau secara manual diatur antara 640 dan 102400 (160 dan 409600 dalam mode ISO yang diperluas dan profil Gambar dengan LUT yang dapat ditetapkan), sehingga pengguna dapat menciptakan tampilan tertentu ketika melakukan pengambilan gambar dalam mode selain salah satu mode Log yang telah ditetapkan.

Didesain untuk vlogging yang mulus dan mudah

ZV-E1 telah didesain untuk kemudahan penggunaan, dengan Layar LCD vari-angle yang dapat dibuka ke samping untuk memudahkan pemantauan dan fungsi sentuh saat merekam, serta layout kontrol dan pegangan yang dioptimalkan untuk vlogging.

Fitur untuk pengambilan gambar yang nyaman dan percaya diri

Kamera vlog baru ini memiliki fitur daya tanpa gangguan untuk perekaman yang lebih lama dengan baterai Z berkapasitas tinggi dari Sony dan USB PD (Power Delivery) yang mendukung pengisian daya secara cepat.

Untuk performa daya yang lebih baik lagi, mesin pemrosesan gambar, sensor gambar, dan sirkuit terkait telah didesain untuk mengoptimalkan penghematan daya dalam semua kondisi pengambilan gambar.

Ringkas dan ringan untuk mobilitas yang luar biasa

ZV-E1 adalah kamera vlog paling ringkas dan ringan di dunia dengan sensor CMOS full frame dan lensa yang dapat dipertukarkan. Mobilitasnya yang luar biasa memberikan kemampuan baru bagi para vlogger untuk berekspresi secara kreatif.

Kamera ini memiliki desain tahan terhadap debu dan kelembapan. ZV-E1 bahkan dapat dioperasikan dengan satu tangan jika menggunakan Shooting Grip dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT).

Creator's Cloud dan koneksi smartphone yang mudah

Para kreator dapat terhubung dan berbagi konten dengan mudah menggunakan platform Creator's Cloud yang baru saja diumumkan oleh Sony dan koneksi smartphone yang mudah.

Pengguna dapat dengan cepat mengunggah klip ke smartphone dengan menggunakan Shot Marks untuk mengidentifikasi bagian dari rekaman yang direkam dengan klip berdurasi 15, 30 dan 60 detik yang ditransfer untuk penggunaan aplikasi sosial.

Aplikasi Creator’s App dapat digunakan untuk mengontrol ZV-E1 dari smartphone, dan mentransfer foto dan video yang diambil pada kamera ke smartphone. Baterai kamera dan status media dapat dipantau dari smartphone.

Tanggal serta nama kamera dapat diedit sesuai kebutuhan. Aplikasi Creator's App juga menyediakan cara yang nyaman untuk memperbarui software kamera. 

Pengeditan mendalam

ZV-E1 merekam stabilisasi gambar dan metadata rotasi kamera yang dapat berguna ketika mengedit dalam aplikasi desktop Catalyst Browse gratis, aplikasi desktop Catalyst Prepare berbayar, atau plugin, karena pengguna dapat dengan cepat dan tepat menstabilkan rekaman selama pengeditan. Breathing compensation lensa dapat diterapkan selama pengeditan.

Live streaming berkualitas tinggi

Streaming konten live berkualitas tinggi seperti saat terhubung ke komputer pribadi atau smartphone melalui USB. ZV-E1 dapat berfungsi sebagai webcam 4K (2160p) dan membawa rapat online, acara langsung, bahkan percakapan sederhana dengan keluarga dan teman ke level kreatif yang baru.

Didesain dengan mempertimbangkan keberlanjutan

Selain komitmen Sony terhadap masa depan yang berkelanjutan dengan inisiatif global seperti Road to Zero dan tujuan energi terbarukan 2030, ZV-E1 secara khusus dikembangkan dengan mempertimbangkan keberlanjutan.

Kamera ini memiliki windscreen yang menggunakan serat yang terbuat dari botol PET daur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan Sony, tanpa mengorbankan fungsionalitasnya.

Terakhir, kemasan luar ZV-E1 ramah lingkungan dan dapat didaur ulang tanpa plastik dan menggunakan 'Bahan Campuran Asli' Sony - bambu, tebu dan kertas daur ulang. Selain itu, kain non-anyaman dari tanaman digunakan untuk tas produk untuk meminimalkan jejak lingkungan Sony.

Lebih lagi, ZV-E1 juga menyertakan fitur aksesibilitas baru yang memudahkan pengoperasian dalam sejumlah cara, termasuk fungsionalitas pembaca layar untuk tunanetra. Fitur aksesibilitas memungkinkan siapapun untuk menikmati pengambilan gambar dan pemutaran menggunakan CX89400.

Harga dan Ketersediaan

Sony ZV-E1 terbaru ini akan tersedia di Indonesia pada bulan Juni 2023 dengan harga Rp34.999.000. Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai dari tanggal 12 Mei - 4 Juni 2023 di seluruh Sony Authorized Dealer.

Untuk pembelian pada masa pre-order, Sony menawarkan promo khusus berupa PWP Cashback hingga Rp3.300.000 untuk lensa SEL24F14FM, SELP1635G, SEL2070G, dan shooting grip GP-VPT2BT. Sony juga menyiapkan Sony Limited Jacket eksklusif bagi pelanggan yang melakukan pembelian pada masa pre-order. 

Itulah Sony ZV-E1, kamera full frame baru yang dihadirkan untuk konten vlog. Melihat harganya, berminat meminang kamera Sony Indonesia tersebut?

BACA SELANJUTNYA

Update Firmware Sony Alpha 1, Mendukung Video 8K 4:2:2 10bit dan Lossless RAW