Rabu, 08 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 18 Mei 2023 | 19:13 WIB

Hitekno.com - Lenovo telah lama mendominasi pasar PC global. Namun, tidak demikian halnya dalam pasar smartphone. Pada suatu waktu, Lenovo bahkan harus sepenuhnya menghentikan produksi ponsel dengan mereknya sendiri.

Sebagai gantinya, perusahaan tersebut fokus pada merek Motorola yang diakuisisinya pada Oktober 2014. Ternyata, investasi tersebut mulai membuahkan hasil dan merek Lenovo mulai mencuri perhatian di beberapa pasar.

Dilansir dari Gizmochina, sebuah laporan yang dirilis oleh perusahaan riset pasar Canalys menunjukkan bahwa merek ponsel Lenovo, pada kuartal pertama tahun 2023, mencapai pertumbuhan yang bertentangan dengan tren di wilayah-wilayah utama seperti Eropa dan Amerika Latin.

Perusahaan tersebut mencatat pertumbuhan terbesarnya di Amerika Latin, khususnya di Brasil yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia. Di Brasil, ponsel Lenovo masuk dalam 5 model terlaris untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir.

Motorola Rizr. (GSM Arena)

Di Eropa, pengiriman ponsel Lenovo pada kuartal pertama meningkat 13% dibandingkan tahun sebelumnya, dan pangsa pasarnya menduduki peringkat kelima, yang merupakan hasil terbaik sejak kuartal ketiga tahun 2017.

Secara khusus di negara-negara Eropa, pertumbuhan ponsel Lenovo di Polandia mendekati angka dua digit. Perusahaan ini juga mencatat pertumbuhan ponsel sebesar 10% di Rumania, Bulgaria, dan Italia di wilayah Eropa Timur.

Di seluruh wilayah Amerika Latin, pengiriman ponsel Lenovo meningkat 7% dengan pangsa pasar mencapai puncaknya sebesar 21%. Perusahaan ini menempati peringkat kedua sebagai merek terlaris di wilayah tersebut.

Lenovo mencatat pertumbuhan sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya di Brasil dengan pangsa pasar 31%. Perusahaan ini juga menempati peringkat kedua di Brasil setelah Samsung.

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Laptop Lenovo Bekas yang Masih Wort It Dibeli Tahun 2024