Jum'at, 14 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 22 Mei 2023 | 08:53 WIB

Hitekno.com - Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan sering digunakan oleh para guru untuk membuat dokumen seperti soal, materi, atau laporan.

Namun, banyak guru yang masih kesulitan untuk menulis rumus matematika dan fisika di Microsoft Word karena tidak tahu caranya atau tidak familiar dengan fitur-fiturnya.

Padahal, menulis rumus matematika dan fisika di Microsoft Word sebenarnya tidak sulit jika kita mengetahui langkah-langkahnya.

Berikut ini adalah cara menulis rumus matematika dan fisika di Microsoft Word yang bisa dipraktikkan oleh para guru:

Menyisipkan rumus di Microsoft Word. (Hitekno)

1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda tambahkan rumus matematika atau fisika.

2. Klik tab Insert pada menu bar, lalu klik ikon Equation yang berada di grup Symbols.

3. Akan muncul kotak Equation Tools dengan berbagai pilihan simbol dan template rumus yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih salah satu template yang sesuai dengan rumus yang ingin Anda tulis, atau Anda bisa menulis rumus secara manual dengan menggunakan keyboard.

4. Jika Anda memilih template, Anda bisa mengganti variabel-variabel yang ada dengan mengklik dan mengetiknya. Jika Anda menulis rumus secara manual, Anda bisa menggunakan tombol spasi untuk memisahkan antara simbol-simbol yang berbeda.

5. Jika Anda ingin menambahkan simbol atau fungsi matematika atau fisika yang tidak tersedia di kotak Equation Tools, Anda bisa klik ikon More Symbols yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut. Akan muncul jendela Symbol dengan berbagai pilihan simbol yang bisa Anda masukkan ke dalam rumus Anda dengan mengkliknya.

6. Jika Anda sudah selesai menulis rumus, Anda bisa mengatur ukuran, warna, atau gaya font dari rumus tersebut dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di kotak Equation Tools. Anda juga bisa mengubah posisi rumus menjadi sejajar dengan teks (inline) atau terpisah dari teks (display) dengan mengklik ikon Change to Inline/Display yang berada di grup Tools.

7. Jika Anda ingin mengedit atau menghapus rumus yang sudah Anda tulis, Anda bisa mengklik rumus tersebut untuk memunculkan kotak Equation Tools kembali, lalu melakukan perubahan atau penghapusan yang diinginkan.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda bisa menulis rumus matematika dan fisika di Microsoft Word dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Word: Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis dengan Mudah