Senin, 15 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Mei 2023 | 17:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa chipset POCO M4 Pro dan seberapa tangguh teknologi tersebut? Berikut Hitekno.com telah merangkum informasinya.

POCO M4 Pro memang sudah rilis di Indonesia sejak 29 Maret 2022 lalu. Meski demikian sampai Mei 2023 ini, ponsel besutan Xiaomi tersebut masih sering jadi rekomendasi.

Kehadiran POCO M4 Pro menawarkan kelebihan menarik buat para pecinta gaming. Bagaimana tidak, POCO M4 Pro bisa menjadi HP gaming pilihan buat kamu yang dananya mepet.

Dijual dengan harga Rp3 jutaan, POCO M4 Pro dikenal cukup tangguh dengan dibuktikan sertifikasi IP53 atau diklaim tahan debu dan tahan cipratan air.

Pada bagian belakang, Xiaomi telah membekali ponsel ini dengan kamera ciamik yang cukup bisa diandalkan.

Di belakang, kamu akan melihat tiga kamera berkonfigurasi menarik. Ada kamera utama 64 MP f/1.8, kamera ultra-wide 8 MP f/2.2 yang mampu menjangkau bidang tangkapan sebesar 118 derajat, dan kamera makro 2MP f/2.4.

HP Poco M4 Pro dilengkapi layar AMOLED DotDisplay dengan lebar 6,43 inci dan resolusi Full HD+ (1.080 x 2.400 piksel). Layar ini mendukung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate sebesar 180Hz.

Selain itu, akurasi warna atau color gamut coverage perangkat ini juga terbilang sangat baik, yaitu 99.3% sRGB

Dengan teknologi layar yang demikian, dipastikan pengalaman ngegame kamu dengan POCO M4 Pro ini akan semakin menari dan nyaman.

Tapi pertanyaannya, apa chipset POCO M4 Pro dan setangguh apa teknologinya?

Main Mobile Legends dengan POCO M4 Pro. (POCO Indonesia)

Smartphone ini termasuk mumpuni karena dilengkapi chipset MediaTek Helio G96 yang dibuat untuk keperluan mobile gaming. 

Ya, MediaTek Helio G96 memang cukup bisa diandalkan untuk melibas beragam game ringan dan berat dengan grafis yang disesuaikan.

Memang, saat pertama kali mencoba SoC, kamu mungkin akan terheran-heran dengan skor benchmarknya yang tidak lebih tinggi dari pendahulunya, Helio G95.

Total kinerja GPU adalah 816081, lebih lambat dari MediaTek Helio G95. Akan tetapi dalam hal performa, bisa dikatakan POCO M4 Pro sangat bisa diandalkan.

Hal tersebut lantaran jika dilihat di kategori mid-range, performa POCO M4 Pro ini masuk ke dalam daftar yang terbaik dari pesaing-pesaingnya.

Skor memori misalnya, chipset ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Memori Helio G96 setidaknya lebih cepat dari Snapdragon 680 dan Snapdragon 678. 

Secara ringkas, skor total MediaTek Helio G96 di atas 334857. Itu akan tergantung pada produsen smartphone mana yang menggunakan chipset ini dengan jenis ram yang mana. 

MediaTek Helio G96 yang secara signifikan mendapatkan peningkatan kinerja dan mengalahkan setiap prosesor dalam kategori Mid-range.

Misalnya saja, skor single-core chipset ini menunjukkan performa terbaik di jajaran kategori mid-range. Skor single-core adalah 554 dan skor multi-core adalah 1888 yang sudah sangat bagus untuk saat ini. 

Itulah informasi lengkap tentang chipset POCO M4 Pro. Gimana, jadi beli?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity 6000 Series Terbaru, Hadirkan Konektivitas 5G yang Lebih Mudah Diakses