Minggu, 21 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 24 Mei 2023 | 17:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kecituan seputar rilis chip masa depan dari Qualcomm semakin terlihat karena bocoran sudah mulai muncul mengenai kemungkinan perubahan pada Snapdragon SoC yang akan datang.

Dilansir dari Android Central, muncul spekulasi dari Weibo bahwa Snapdragon 8 Gen 4 kemungkinan akan menggunakan CPU Nuvia yang dikembangkan secara internal oleh Qualcomm.

Jika ini terbukti benar, ini akan menjadi Snapdragon SoC pertama yang menggunakan teknologi Nuvia baru ini untuk CPU-nya.

Konon, chip baru ini diberi nomor model SM8750 dan menggunakan konfigurasi 2+6.

Qualcomm mengakuisisi startup chip Nuvia pada tahun 2021 dan melihatnya sebagai cara untuk mengurangi ketergantungannya pada ARM untuk CPU pada chip Snapdragon-nya.

Cristiano Amon, Presiden dan CEO-Elect saat itu dari Qualcomm, melihat akuisisi ini sebagai cara untuk "menghadirkan kelas produk dan pengalaman baru untuk era 5G."

Jika rumor ini terbukti benar, SD 8 Gen 4 bisa menjadi awal dari pengalaman baru tersebut.

Sebagai pengingat, Snapdragon 8 Gen 2 yang kuat menggunakan CPU Kryo yang berfungsi untuk meningkatkan performa ponsel sekitar 35% dan efisiensi baterai sekitar 40%.

Rilis akhir tahun 2022 perusahaan ini juga menggunakan satu inti utama, empat inti performa, dan tiga inti efisiensi (konfigurasi 1+4+3).

Mendengar rumor terbaru, nampaknya Qualcomm mungkin tertarik untuk menghilangkan inti utama tunggal yang besar dan memilih untuk lebih fokus pada performa dan efisiensi dengan SD 8 Gen 4.

Bocoran ini cukup awal, karena Snapdragon 8 Gen 4 tidak diharapkan sebelum akhir tahun 2024, jadi rumor ini masih butuh butki kuat.

Qualcomm juga kemungkinan besar akan menggunakan inti baru ini pertama kali dalam chip PC, jadi mungkin kita akan melihatnya hadir dengan Snapdragon 8cx Gen 4.

Tentang tanggal rilis, ekspektasinya masih kabur, meskipun SD 8 Gen 3 mungkin diluncurkan sekitar Oktober 2023.

BACA SELANJUTNYA

HMD Global Luncurkan Nokia G42 5G, Smartphone 5G yang Dapat Diperbaiki oleh Pengguna