Kamis, 22 Februari 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 25 Mei 2023 | 12:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - PlayStation telah memiliki sejarah dengan perangkat handheld selama bertahun-tahun. Ada PlayStation Portable (PSP), PSP Go, dan terakhir PlayStation Vita. Namun, sudah satu dekade sejak upaya terakhir mereka. Namun, PlayStation kembali merambah ke dunia handheld dengan Proyek Q.

Dilansir dari Android Authority, sebulan yang lalu, beredar rumor bahwa PlayStation sedang mengerjakan perangkat handheld baru dengan kode nama Proyek Q. Tepat sebelum berakhirnya acara showcase PlayStation yang berlangsung selama satu jam pada hari Rabu, Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan secara resmi mengkonfirmasi keberadaan Proyek Q.

Jika Anda berharap bahwa ini akan menjadi penerus PS Vita, maka Anda akan kecewa. Sebaliknya, ini adalah perangkat streaming yang memungkinkan pengguna memainkan game yang tersimpan di PS5 mereka melalui Remote Play dan koneksi Wi-Fi.

"Kami akan meluncurkan perangkat khusus yang memungkinkan Anda streaming game apa pun dari konsol PS5 Anda menggunakan Remote Play melalui Wi-Fi," kata Ryan. "Secara internal dikenal sebagai 'Proyek Q,' perangkat ini dilengkapi layar HD 8 inci dan semua tombol dan fitur dari kontroler nirkabel DualSense."

Layar 8 inci tersebut adalah layar LCD dengan resolusi 1080p dan frame rate 60fps. Perangkat ini dijadwalkan akan hadir pada tahun ini. Sebagai perangkat pendamping, bukan konsol dedikasi seperti Steam Deck, Anda hanya dapat memainkan game yang tersimpan dan diinstal di PS5 Anda.

Belum ada banyak detail yang tersedia tentang perangkat ini, sehingga sulit untuk mengatakan apakah ini akan memberikan manfaat tambahan dibandingkan hanya menggunakan Remote Play di ponsel Anda. Namun, ini mengungkapkan rencana Sony dalam merambah ke cloud gaming, yang ditandai dengan perekrutan untuk 22 posisi terkait teknologi cloud gaming bulan lalu.

BACA SELANJUTNYA

Zenless Zone Zero Dikonfirmasi Hadir ke PlayStation 5