Sabtu, 30 September 2023
Amelia Prisilia : Selasa, 30 Mei 2023 | 15:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kemunculan Circle Stone atau batu melingkar di Desa Jahiang, Salawu, Tasikmalaya kembali menjadi viral. Batu melingkar tersebut dipercaya bisa memberikan internet tanpa kuota kepada pengguna HP.

Perbincangan mengenai batu melingkar ini kembali viral setelah diunggah akun Deirwasofiana99. Pada narasi unggahan video itu, pemilik akun sebutkan bahwa Circle Stone itu bisa bikin banyak anak mabar di tempat tersebut. 

"Wah jigana bakal seueur barudak anu mabar didinya," tulis caption video tersebut. 

Sebenarnya Circle Stone itu sempat jadi perhatian publik pada Agustus 2022. Mengutip dari SuaraJabar, ialah mantan Kapolda Jabar, Anton Charliyan memiliki pandangan soal Circle Stone tersebut. 

“Awalnya kita gali sekitar 9 bulan, ketika digali ketemulah Circle Stone atau batu yang melingkar-lingkar, ketika ditemukan ada suatu keanehan,” Kata Abah Anton Charliyan. 

Ditambahkan Anton, Circle Stone itu memang memiliki keanehan. Pertama, meski berada di dalam hutan, Handy Talky (HT) yang biasanya menjangkau jarak 1,5 Km justru bisa terjangkau jika berada di dekat Batu Melingkar tersebut. Keanehan kedua, lanjut Anton, saat berada di dekat Batu Melingkar, HP bisa nyambung ke internet padahal tidak ada kuota apalagi WiFi.

“Begitu juga dengan HP. Coba di rumah saja, kalau pakai Whatsapp itu pasti pakai Internet WiFi atau kuota. Coba kita buktikan ke sana (Batu Melingkar) buka HP langsung buka Whatsapp terus video call di sana. Sinyalnya juga full tidak perlu pakai WiFi atau kuota,” jelasnya.

Anton menuturkan, perlu ada penelitian khusus terkait keberadaan Batu Melingkar di Tasikmalaya tersebut.

“Amerika saja salah satunya itu dengan membuka Bukit Algoritma. Sehingga di sana ada Facebook, Google di bukit Algoritma. Nah kita justru sudah disediakan, ini kan kekayaan alam yang luar biasa,” katanya.

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini