Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 30 Mei 2023 | 20:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tahu nada sebuah lagu, tapi tidak ingat liriknya? Cara mencari judul lagu lewat suara dapat menggunakan aplikasi Google atau Google Assistant. Dengan cara ini, kamu bisa mencari judul lagu hanya dengan menyertakan alunan nada dari suatu lagu.

Fitur Google ini telah hadir cukup lama. Namun, tidak sedikit orang yang mengetahuinya dan cara menggunakannya. Fitur ini dikenal dengan Hum to Search. Fitur ini didukung dengan algoritma machine learning yang dapat mengidentifikasi lagu yang kemungkinan sesuai dengan yang dicari.

Selain menggunakan Google atau Google Assistant, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu mendeteksi judul lagu melalui suara. Bagaimana caranya? Berikut cara mencari judul lagu lewat suara yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Mencari Judul Lagu Lewat Suara dengan Asisten Google

1 Sentuh lama tombol Beranda atau ucapkan "Hai Google".
2. Tanyakan "Lagu apa ini?"
3. Mainkan lagu atau bersenandung, bersiul, atau menyanyikan melodi sebuah lagu.

• Memutar lagu: Asisten Google akan menamai lagu tersebut. Kamu dapat membagikan lagu, menonton video di YouTube, atau menambahkannya ke playlist di Logo YouTube Music.
• Bersenandung, bersiul, atau bernyanyi: Asisten Google akan mengidentifikasi kemungkinan kecocokan untuk lagu tersebut. Pilih salah satunya untuk melihat halaman hasil Pencarian dan mendengarkan lagu, membaca lirik, atau melihat video musik.
Tips: Asisten Google hanya dapat mengidentifikasi lagu yang memiliki lirik.

Cara Mencari Judul Lagu Lewat Suara dengan Aplikasi

1. SoundHound

SoundHound adalah aplikasi cari judul lagu terbaik untuk menemukan musik lewat suara. Kamu hanya perlu menyanyikan lagu yang kamu maksud ke speaker HP, lalu aplikasi akan berusaha menemukan judulnya. SoundHound bekerja dengan sangat cepat, asalkan kamu menyanyikan lagu dengan jelas.

2. Shazam

Shazam adalah aplikasi cari judul lagu yang tersedia di Android dan iOS. Bahkan, Siri milik Apple juga menggunakan database Shazam untuk mengidentifikasi lagu. Dengan Shazam, kamu dapat mengidentifikasi musik, menemukan lagu, dan mendapatkan lirik. Ada banyak fitur menarik yang membuat Shazam layak dicoba seperti:

• Dapat berfungsi saat perangkat dalam keadaan offline
• Dapat mengenali lagu yang sedang diputar di HP. Fitur ini disebut Pop Up Shazam
• Tersedia Shazam Lite yang cukup ringan dan menghadirkan algoritma pengenalan musik yang sama. Shazam Lite cocok untuk perangkat berdaya rendah.

Itulah cara judul lagu lewat suara yang bisa kamu coba lakukan. Sekarang kamu sudah tidak perlu bingung jika kamu tidak hafal lirik atau ingin mencari tahu judul lagu. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Lirik Lagu Aldi Taher - Ayang Selingkuh di Aplikasi Ojol