Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 01 Juni 2023 | 10:46 WIB

Hitekno.com - Asus Republic of Gamers (ROG) resmi mengenalkan kartu grafis baru dengan chip Nvidia GeForce RTX 4090 terbaru. Yakni Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 yang diklaim memiliki boost clock out-of-the-box tertinggi di antara RTX 4090 lainnya.

Selain itu, Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 memiliki fitur terbaru dari ROG: sebuah senyawa termal logam cair pada kartu grafis. Dengan fitur cold plate yang dirancang khusus untuk menanggulangi panas dari die GPU RTX 4090, VRM, dan chip memori.

Dengan teknologi pendingin termal logam cair, kartu grafis ini memiliki lebih banyak headroom untuk mendorong clock lebih tinggi dan lebih lama, sehingga ROG hanya dapat menggunakan die terbaik untuk kartu grafis yang luar biasa ini.

Kekuatan Gaming

Logam cair adalah bahan antarmuka termal yang menakjubkan karena menghasilkan suhu yang jauh lebih rendah dibandingkan pasta termal tradisional. Meskipun begitu, penggunaan logam cair juga memiliki satu tantangan yang signifikan, yaitu dapat mengalirkan listrik.

Jika penggunaannya salah, logam cair ini dapat bersentuhan dengan komponen yang terbuka sehingga berisiko mengalami korsleting. Namun, Asus dapat memanfaatkan kekuatan logam cair dengan aman sekaligus memungkinkan GPU dipasang secara vertikal menggunakan proses produksi eksklusif yang dimiliki Asus.

Dengan menggunakan resin UV di atas kapasitor yang dipasang di permukaan yang berbatasan dengan die GPU serta menambahkan dua lapisan pelindung tambahan di antara die dan PCB utama, Asus telah memastikan bahwa Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 dapat memanfaatkan transfer panas yang luar biasa pada logam cair tanpa risiko kebocoran.

Setelah menyempurnakan mekanisme perlindungan ini, logam cair ini akhirnya diperkenalkan ke lini produk kartu grafis ROG dari seri Matrix yang legendaris.

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090. (Asus)

Heavy Metal

Logam cair memang memiliki kinerja yang sangat baik, tetapi itu hanya salah satu elemen dari solusi lengkap yang digunakan oleh Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 untuk menjaga suhu dan tingkat kebisingan tetap rendah. Selain logam cair, Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 dilengkapi radiator yang sangat sebal sebesar 360 mm dengan dukungan tiga kipas ROG MF-12S ARGB.

Kipas daisy-chainable ini dipasang bersama dengan konektor magnetik yang menghubungkan kipas dan mengirimkan sinyal kontrol dan daya. Instalasi dan manajemen kabel juga akan jauh lebih mudah karena pengguna hanya membutuhkan satu kabel untuk tiga kipas dengan efek pencahayaan ARGB yang juga mudah disinkronkan.

Dengan tekanan statis dan aliran udara yang tinggi, kipas ini mampu menjaga Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 beroperasi pada suhu hanya 60 C di bawah TGP (total graphics power) 450 watt, dengan RPM kipas di bawah 1000.

Sebagian besar GPU berpendingin cairan AIO, termasuk lini ROG Strix LC, memerlukan kipas kecil untuk menjaga komponen yang dipasang di permukaan tetap dingin selain kipas yang dipasang pada radiator untuk menjaga panas GPU tetap terkendali.

Akan tetapi, cold plate dengan cakupan penuh khusus pada Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 ini mengeliminasi kebutuhan akan kipas tambahan. Hal itu dikarena kipas tersebut bersentuhan langsung dengan semua komponen penghasil panas di PCB, sehingga radiator dapat mendinginkan seluruh kartu dengan sendirinya.

Pump kustomisasi yang lebih kuat akan menyuplai radiator dengan lebih banyak cairan pendingin dibandingkan desain sebelumnya, sehingga Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 selalu berada pada puncak efisiensi saat dijalankan.

Desain Logam

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 memiliki desain yang sangat berani dan modern dengan bingkai dan housing GPU yang sepenuhnya terbuat dari logam. Dengan penggunaan Asus Aura Lighting tidak langsung untuk pertama kalinya, Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga menghadirkan 'hollow' chamber dengan cold plate utama, PCB, dan shroud pump yang terlindungi rangka aluminium yang lebih besar.

Logo ROG yang mencolok menghiasi kartu ini dengan bilah lampu di bagian tengah dan di bagian atas kartu. Backplate stainless steel menjaga kartu tetap terlindungi, baik saat dipasang secara tradisional maupun secara vertikal untuk menunjukkan keindahan yang sesungguhnya.

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 menggunakan satu kabel 12VHPWR. Selain itu kabel daya kipas ditempatkan tersembunyi di dalam tabung pendingin utama, sehingga pengelolaan kabel menjadi sangat mudah.

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090. (Asus)

Software Custom GPU Tweak III

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 tidak hanya memiliki fitur hardware yang unik, tetapi juga didukung oleh fitur software yang dibuat khusus. Sebagian besar GPU akan dilengkapi dengan sensor suhu pada die GPU dan juga memiliki sensor suhu pada memori untuk melihat tingkat panas pada sebuah sistem.

Asus ROG melangkah lebih jauh dengan memberikan sensor tambahan di seluruh VRM, choke, dan rangkaian input daya. Data dari perangkat tersebut dimasukkan ke dalam fitur Thermal Map terbaru di aplikasi Asus GPU Tweak III untuk memberikan rincian detail mengenai performa termal kartu secara real-time.

Utilitas ini juga mendukung Power Detector+, sebuah fitur yang memungkinkan kartu untuk mendeteksi anomali semua enam pin daya satu per satu dari kabel 12VHPWR. Jika ada kecacatan yang terdeteksi dan pengguna perlu memasang kembali kabel daya, mereka akan segera mengetahuinya.

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga menghadirkan fitur Mileage yang melacak penggunaan kartu pada tingkat daya yang berbeda, sehingga pengguna dapat mengetahui untuk apa saja kartu tersebut digunakan di berbagai sesi gaming.

Sebagai kartu grafis flagship, Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 dilengkapi dengan switch Dual BIOS, sehingga pengguna dapat beralih antara mode Quiet dan Performance dengan mudah.

Diproduksi dengan proses manufaktur Asus Auto Extreme, seluruh PCB disolder dalam satu kali proses yang sepenuhnya otomatis, sehingga mengurangi biaya dan menghilangkan kebutuhan terhadap bahan kimia pembersih yang keras di antara proses penyolderan.

Asus ROG Matrix GeForce RTX 4090 dibuat dengan komponen berkualitas tinggi untuk memastikan performa puncak selama kartu dapat digunakan.

BACA SELANJUTNYA

Sambut Tahun Naga, Colorful Hadirkan Kartu Grafis iGame GeForce RTX Loong Edition