Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 01 Juni 2023 | 12:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek mengumumkan kolaborasi dengan NVIDIA dalam menghadirkan pengalaman mobil cerdas. Yakni melalui platform MediaTek Dimensity Auto yang akan memakai GPU NVIDIA beserta beragam teknologi terkini.

Termasuk dalam menghadirkan teknologi AI atau kecerdasan buatan pada mobil cerdas berbasis perangkat lunak generasi berikutnya.

Kolaborasi MediaTek dan NVIDIA ini menggabungkan kekuatan portofolio otomotif dari masing-masing perusahaan untuk menghadirkan teknologi paling menarik untuk mobil terhubung yang canggih.

"NVIDIA adalah pionir dan pemimpin industri terkenal di dunia, terutama di dunia komputasi dan AI. Dengan kerja sama ini, visi kami adalah menyediakan layaknya toko serba ada secara global untuk industri otomotif, mendesain generasi berikutnya dari mobil cerdas yang selalu terkoneksi," ujar Rick Tsai, Vice Chairman and CEO of MediaTek.

"Melalui kerja sama khusus dengan NVIDIA ini, kami akan bersama-sama menyediakan platform unik untuk kendaraan masa depan yang intensif komputasi dan ditentukan oleh perangkat lunak." lanjutnya.

MediaTek Dimensity Auto. (MediaTek)

"AI dan komputasi yang terakselerasi mendorong transformasi di seluruh industri otomotif," ujar Jensen Huang, founder and CEO of NVIDIA. 

"Gabungan SoC terdepan di industri MediaTek dan teknologi perangkat lunak GPU dan AI NVIDIA akan memungkinkan pengguna merasakan pengalaman baru, keamanan yang lebih baik, dan layanan terkoneksi internet terbaru untuk semua segmen kendaraan, dari yang mewah hingga mainstream." imbuhnya.

Melalui kemitraan ini, MediaTek akan mengembangkan SoC otomotif yang mengintegrasikan chiplet GPU NVIDIA baru dengan NVIDIA AI dan IP grafis. Chiplet terhubung dengan teknologi interkoneksi chiplet yang begitu cepat dan koheren.

Solusi kabin pintar MediaTek juga akan menjalankan teknologi perangkat lunak NVIDIA DRIVE OS, DRIVE IX, CUDA, dan TensorRT – tentu ini akan memanjakan pengguna dengan rangkaian lengkap fungsi kabin dan kokpit AI dengan grafis canggih, kecerdasan buatan, dan fitur keselamatan dan keamanan.

MediaTek akan bekerja sama dengan NVIDIA demi menghadirkan solusi otomotif yang melampaui kebutuhan dan permintaan industri yang terus berkembang sekaligus menyediakan peluang pasar yang signifikan bagi perusahaan.

Menurut Gartner, total pasar yang dapat ditujukan pada SoC klaster instrumen dan hiburan yang digunakan di dalam kendaraan akan mencapai US$12 miliar pada tahun 2023.

Dengan memanfaatkan keahlian inti NVIDIA dalam AI, cloud, teknologi grafis, dan perangkat lunak serta kombinasi dengan solusi NVIDIA ADAS, MediaTek dapat meningkatkan kemampuan platform MediaTek Dimensity Auto lebih komprehensif, dengan menggunakan keahlian perusahaan di komputasi seluler, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan dan ekosistem Android yang lebih luas, demi menghadirkan pengalaman di seluruh mobil cerdas.

BACA SELANJUTNYA

Review Xiaomi 13T, Kolaborasi Leica Bukan Sekadar Gimmick