Minggu, 16 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 02 Juni 2023 | 22:06 WIB

Hitekno.com - Microsoft telah memperkenalkan cara yang praktis untuk memantau kinerja komputer melalui pembaruan terbaru Windows 11.

Perkembangan menarik ini hadir dalam bentuk empat widget baru yang dirancang untuk memantau prosesor, kartu grafis, RAM, dan kartu jaringan mesin Anda.

Tidak lagi diperlukan alat pihak ketiga untuk memantau kinerja PC Anda. Microsoft telah menyertakan beberapa opsi bawaan untuk membantu Anda memantau sumber daya sistem di Windows 10 dan Windows 11.

Anda dapat mengakses Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Atau Anda dapat meluncurkan Xbox Game Bar dengan pintasan keyboard Windows + G. Fitur ini juga dilengkapi dengan modul pemantauan kinerja.

Namun, segera panel widget Windows akan memberikan tampilan langsung dan real-time terhadap kinerja PC Anda.

Dilansir dari Gizchina, saat ini, Microsoft sedang menguji widget baru yang tidak hanya memungkinkan Anda memantau penggunaan sumber daya, tetapi juga memungkinkan Anda mengambil tindakan, seperti mengakhiri tugas yang memakan banyak sumber daya dengan sekali klik.

Meskipun widget-widget ini masih dalam tahap pengujian, Anda tidak perlu menunggu untuk mencobanya. Mereka dapat diinstal kepada semua pengguna Windows 11 melalui pratinjau aplikasi Dev Home. M

icrosoft baru-baru ini membuatnya tersedia di toko aplikasi. Anda tidak perlu menjadi anggota Insider untuk mengakses widget-widget ini. Anda dapat menginstalnya sekarang juga di PC Anda.

Untuk menginstal widget-widget tersebut, mulailah dengan mengunduh aplikasi Dev Home (pratinjau) di PC Windows 11 Anda. Aplikasi ini berfungsi sebagai pusat kontrol untuk semua alur kerja Anda dan mencakup widget-widget baru untuk pemantauan kinerja.

Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut, buka panel Widget Windows 11 dengan mengklik tombol yang khusus di taskbar atau menggunakan pintasan keyboard Windows + W.

Jika ada widget baru yang tersedia, Anda akan melihat pemberitahuan di bagian atas panel. Klik "Tambahkan sekarang" untuk mengintegrasikan widget-widget ke panel Anda atau gunakan tombol "+" di bagian kiri atas jendela.

Setelah menambahkan widget-widget tersebut, Anda dapat dengan mudah memantau kinerja PC Anda dengan mengakses panel widget Windows 11 atau menggunakan pintasan keyboard Windows + W.

Tetap terinformasi tentang penggunaan prosesor, kartu grafis, RAM, dan kartu jaringan mesin Anda tanpa perlu alat tambahan apa pun. Windows 11 memberikan solusi dengan widget-widget pemantauan kinerja yang ramah pengguna dan terintegrasi.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Device Manager di Sistem Operasi Windows? Berikut Penjelasan Lengkapnya