Kamis, 20 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 06 Juni 2023 | 10:41 WIB

Hitekno.com - Apple secara resmi mengumumkan perangkat yang sangat dinantikan, Apple Vision Pro. Berbeda dengan label headset AR/VR konvensional, Apple menyebutnya sebagai "komputer spasial" pertama di dunia. Dibekali dengan sistem operasi baru bernama visionOS, Vision Pro menghadirkan fitur dan spesifikasi yang luar biasa.

Vision Pro memiliki sistem "display" canggih yang menggabungkan dua layar mikro OLED, masing-masing seukuran perangko, dengan total 23 juta piksel. Ini menghasilkan pengalaman visual yang melebihi TV 4K untuk setiap mata, menjamin kejelasan dan ketajaman yang luar biasa. Lensa katadioptrik kustom juga meningkatkan kualitas visual, memberikan rentang warna yang luas dan rentang dinamis tinggi untuk pengalaman imersif.

Dilansir dari Gizmochina, gadget ini ditenagai oleh chipset dual-core M2 khusus yang dikembangkan oleh Apple. Selain itu, chip R1 yang inovatif bekerja sama dengan 12 kamera, lima sensor, dan enam mikrofon untuk memastikan konten muncul secara mulus di depan mata pengguna. Chip R1 mencapai streaming gambar ke layar dalam waktu 12 milidetik, melampaui kecepatan kedipan mata delapan kali lipat.

Antarmuka pengguna visionOS dapat dikendalikan dengan mudah menggunakan kombinasi gerakan mata, gerakan tangan, dan perintah suara. Ketidakhadiran pengontrol fisik memungkinkan pengguna menavigasi aplikasi dengan hanya melihatnya, memilih dengan mengetuk jari, menggulir dengan gerakan pergelangan tangan, atau memberikan perintah dengan suara.

Apple Vision Pro. (Gizmochina)

Fitur unik bernama EyeSight membuat Vision Pro terasa transparan saat berinteraksi dengan orang lain. Ini memungkinkan individu melihat mata satu sama lain melalui perangkat sambil terbenam dalam lingkungan atau menggunakan aplikasi. Selain itu, EyeSight memberikan petunjuk visual untuk menunjukkan saat pengguna terlibat atau sibuk.

Vision Pro memperkenalkan kamera 3D pertama dari Apple, memungkinkan pengguna untuk menangkap, menghidupkan kembali, dan terbenam dalam momen favorit mereka. Seluruh perpustakaan foto di iCloud dapat diakses dan foto serta video dapat dilihat dalam skala sebenarnya. Panorama yang diambil dengan iPhone diperluas dan melingkupi pengguna, memberikan sensasi kehadiran fisik dalam momen yang diabadikan.

Dari segi desain, Vision Pro memiliki integrasi yang mulus antara kaca dan bingkai paduan aluminium khusus yang dirancang melengkung di sekitar wajah pengguna. Sistem modular memungkinkan penyesuaian yang sesuai, sementara Light Seal tekstil lembut menyesuaikan dengan bentuk wajah pengguna, memastikan penyesuaian dan kenyamanan yang presisi. Tali fleksibel menjaga audio dekat dengan telinga pengguna. Head Band dapat dengan mudah diganti dengan ukuran atau gaya yang berbeda, dengan opsi default berupa bagian rajutan 3D yang memberikan pelindung, sirkulasi udara, dan kemampuan melar.

Apple Vision Pro dijadwalkan diluncurkan di Amerika Serikat awal tahun depan, dengan harga $3.499 (hampir 52 juta rupiah). Tersedia di negara lain diharapkan pada tahun 2024.

BACA SELANJUTNYA

Akhirnya Resmi, Ini Daftar Harga Redmi Note 13 Series di Indonesia