Kamis, 30 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 06 Juni 2023 | 17:42 WIB

Hitekno.com - Teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin populer seiring meroketnya ketenaran ChatGPT. Salah satu e-commerce raksasa di Indonesia yaitu Lazada kini mempunyai chatbot bernama LazzieChat.

Ini merupakan fitur chatbot berbasis ChatGPT yang dilengkapi AI. Merupakan yang pertama di aplikasi e-commerce, LazzieChat dibesut atas dukungan ChatGPT OpenAI dalam Azure OpenAI Service.

Teknologi ini dilengkapi dengan kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service. Nama LazzieChat sendiri diambil dari maskot singa ramah milik Lazada, yakni Lazzie.

Chatbot ini akan hadir dalam bahasa Inggris di Singapura, Filipina dan Indonesia. Bagi pengguna di Indonesia, chatbot ini akan tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

LazzieChat dirancang sedemikian rupa untuk dapat memahami dan menanggapi pertanyaan pengguna dengan natural. Chatbot ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural serta dapat menyarankan produk atau topik yang relevan.

Ilustrasi Lazzie Chat. (Lazada)

Tak hanya itu, LazzieChat juga dapat mencari deskripsi produk dan memberi tautan produk yang tersedia di Lazada langsung dari konsol chat. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan aman.

“Kami ingin menjembatani kesenjangan antara belanja offline dan online dengan memberikan pengalaman berkualitas yang digemari konsumen, dan bernilai lebih bagi brand dan penjual yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini untuk menjangkau khalayak yang lebih luas,” ungkap Chief Technology Officer Lazada Group Howard Wang dikutip dari Gadgedtdiva.id (jaringan Suara.com).

Howard menyatakan bahwa pihaknya yakin AI akan menghadirkan pengalaman berjualan dan berbelanja online lebih mudah. Tentunya, juga akan semakin lancar.

LazzieChat akan dapat digunakan untuk beberapa kategori produk FMCG di Lazada. Terutama fesyen dan kecantikan.

Nantinya LazzieChat akan tersedia dalam lebih banyak bahasa. LazzieChat dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.

Lazada menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengoptimalkan algoritma LazzieChat. Supaya nantinya dapat merespons pertanyaan pengguna dengan lebih tepat, namun tetap merujuk pada kebijakan trust and safety dari Lazada.

“AI LazzieChat selalu belajar dan akan terus menjadi semakin baik seiring dengan meningkatnya interaksi bersama pengguna,” tutup perwakilan Lazada.

BACA SELANJUTNYA

Model Bahasa Kecil Baru Buatan Microsoft Mampu Ungguli ChatGPT