Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 13 Juni 2023 | 16:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kemunculan Nokia N73 Reborn bikin geger jagat maya sejak Mei 2023 lalu. Kabarnya, Nokia N73 Reborn akan dibekali dengan spesifikasi mumpuni.

Bukan rahasia lagi jika Nokia menjadi salah satu brand yang manuvernya cukup ditunggu-tunggu. Meski sulit bersaing dengan brand China, namun masih banyak masyarakat yang gemar dengan Nokia.

Hal tersebut lantaran ponsel keluaran perusahaan Finlandia ini dikenal bandel, awet dan tahan lama. Mengacu pada alasan tersebut, segala hal yang berkaitan dengan rumor produk terbaru Nokia selalu bikin netizen heboh.

Salah satunya adalah rumor tentang Nokia N73 Reborn. Menurut laporan, HMD Global sedang mengembangkan versi baru dari Nokia N73.

Diduga, Nokia N73 akan kembali menjadi smartphone unggulan untuk HMD Global, dengan sensor Samsung ISOCELL HP1 yang memungkinkannya memotret hingga 200 MP.

Spesifikasi tentang Nokia N73 juga sempat diunggah situs Stra***.id pada 9 Juni 2023 lalu. Dalam ulasannya, situs tersebut memberikan bocoran jika Nokia N73 Reborn akan dibekali dengan kapasitas baterai super besar 6000 mAh.

Penjelasan

Dalam ulasan di situs tersebut, ditulis bahwa Nokia N73 Reborn akan dibekali dengan layar yang ekstra lebar yakni 6,9 inci dengan resolusi 1400 x 3200 pixel.

Nokia N73 5G diotaki prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, teknologi yang sangat canggih membuat ponsel ini tidak lemot saat digunakan beraktivitas.

Dalam hal kamera, situs tersebut juga mengatakan jika Nokia N73 Reborn akan dibekali dengan triple kamera dengan resolusi 200MP + 12 MP + 8 MP.

Akan tetapi, situs tersebut tidak menyertakan sumber valid atas spesifikasi Nokia N73 Reborn yang diulas.

Bahkan, gambar yang digunakan pun hanya gambar prediksi yang banyak bermunculan di media sosial belakangan ini. Situs tersebut juga tidak memberikan keterangan dari pihak resmi terkait spesifikasi yang ditulis.

Pada akhir tulisan, ulasan tersebut kemudian menjelaskan jika HMD Global selalu pemegang lisensi belum mengeluarkan HP Nokia N73 Reborn karena ponsel ini hanya viral di TikTok sja.

Kesimpulan

Mengacu pada berbagai informasi yang dirangkum, maka tim CEK FAKTA menyatakan jika spesifikasi Nokia N73 Reborn yang banyak beredar di media sosial hanyalah hoaks.

Apalagi, HMD Global sendiri belum merilis pengumuman resmi jika mereka akan menghadirkan ponsel baru dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 secara resmi, baik di Indonesia maupun secara global.

Itulah hasil CEK FAKTA tentang viralnya spesifikasi Nokia N73 Reborn yang bikin geger di media sosial belakangan ini.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Asnawi Mangkualam Resmi ke Real Madrid Usai Tampil Apik, Benarkah?