Kamis, 09 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 14 Juni 2023 | 12:22 WIB

D. Performa

Seperti yang kita ketahui, POCO F5 dibekali dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 2. Tim Hitekno kebetulan berkesempatan mencicipi POCO F5 dengan varian memori internal 256 GB dan RAM 12 GB. Bagaimana performanya?

Dalam kondisi standar bawaan pabrikan, saat dilakukan pengujian AnTuTu POCO F5 mampu mencatatkan skor 968.696. Uniknya, saat kami memaksimalkan extended RAM dengan tambahan 7 GB maka skor AnTuTu yang diraih mencapai 1.118.779 poin. Tembus sejutaan, guys!

Tes AnTuTu POCO F5. (Hitekno)

Sementara itu, untuk hasil tes Geekbench, skor single core mencapai 1.642 poin, dan multi core mencapai 4.304 poin.

Bagaimana saat dites untuk ngegame? Dengan skor tes di atas, maka performa ponsel ini bakal sangat mubazir jika cuma dipakai main game sekelas PUBG, Mobile Legends, apalagi Free Fire.

Maka tes pun dilakukan pada tiga game berat, yakni CarX Street, Genshin Impact dan Call of Duty Mobile (CODM).

Untuk CODM, sesuai ekspektasi, game ini bisa dijalankan stabil 90-80 FPS dengan setting grafik low dan frame rate ultra, namun jika setting yang dipakai adalah grafik Very High dan frame rate Max, maka angkanya sedikit menurun, menjadi 80-70 FPS.

Beralih ke CarX Street, game yang sizenya tak terlalu besar tapi berat banget untuk ponsel non flagship. Saat memainkan game ini, POCO F5 cenderung  stabil 30 FPS, tergantung padat tidaknya objek dalam game, dan suhu HP, lantaran game ini pun bahkan bisa membuat chipset sekaliber 7+ Gen 2 memanas. Tapi setidaknya dari segi performa, game ini jadi sangat playable.

Tes Genshin Impact di POCO F5. (Hitekno)

Nah untuk tes game Genshin Impact, para babu Tevyat dijamin bakal suka dengan ponsel ini. Dengan setting full rata kanan, game ini bisa stabil berjalan di 60-50 FPS, walaupun ponsel jadi sedikit hangat. Seperti yang kita tahu, belum banyak ponsel kelas menengah apalagi entry level yang bisa menjalankan game ini dengan lancar bin super mulus, yang mana inilah keunggulan utama dari POCO F5.

Tes Genshin Impact di POCO F5. (Hitekno)

E. Kesimpulan

Untuk ponsel kelas menengah ke atas, rasanya POCO F5 ini bisa disebut sebagai ponsel dengan performa gaming terbaik.

Tapi untuk urusan sektor lain, yaaa cukup lah, setidaknya masih unggul dari ponsel dengan harga 3-4 jutaan.

Yang perlu jadi catatan adalah speaker pada ponsel ini yang suaranya masih tergolong cempreng, setidaknya jika dibandingkan lagi-lagi dengan X3 GT yang kelasnya ada di bawahnya.

Bahkan suara kurang ngebass ini juga dirasakan saat penguji mengenakan headset, bahkan TWS. Tapi setidaknya suara yang dihasilkan tergolong nyaring.

1. Kelebihan

a. Performa unggulan untuk ponsel kelas menengah.
b. Layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz bikin POCO F5 nyaman dipakai untuk ngegame atau nonton film.
c. Hasil pemotretan cukup memuaskan dengan warna gambar cerah (mungkin terlalu gonjreng bagi sebagian orang).
d. Isi ulang daya cukup cepat.
e. Ada audio jack dan paket pembelian terdapat charger 67 W.

POCO F5. (Hitekno/Cesar Uji Tawakal)

2. Kekurangan

a. Kualitas audio tidak memuaskan untuk mereka yang suka dengan karakter suara ngebass.
b. Bloatwarenya banyak, sebagian bisa dihapus, sih.
c. Untuk memakai "Performance Mode", pengguna harus repot masuk ke menu setting, karena tidak ada shortcut di "Control Center".

Untuk penjabaran eksteriornya, bisa baca di sini, ya!

BACA SELANJUTNYA

Tips Mudik Asyik dengan HP Rp 1 Jutaan ala POCO