Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 Juni 2023 | 14:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Platform perpesanan milik Meta WhatsApp sekarang memiliki mode Picture in Picture untuk panggilan video. Bagaimana cara mengaktifkan Picture in Picture WhatsApp dengan mudah? Ikuti tutorial WhatsApp berikut ini.

WhatsApp mengumumkan fitur tersebut pada Desember tahun lalu. Fitur baru WhatsApp ini hadir bersama dengan pembaruan (update) WA versi 23.3.77, dan sudah dapat diunduh di App Store.

Adapun fitur ini bisa dicoba pengguna iPhone yang menjalankan iOS versi 12.0 ke atas. Oleh karena itu, pengguna harus memperbarui aplikasi sebelum mencoba menggunakan fitur tersebut.

Meskipun fitur ini belum tersedia untuk WhatsApp di perangkat Android, cara menggunakannya setidaknya sama di kedua sistem operasi seluler setelah tersedia.

Picture in Picture WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap bisa melihat tampilan video call melalui jendela kecil saat minimize panggilan video sambil "chatting" atau keluar dari aplikasi untuk melakukan tugas lainnya.

Berikut cara mengaktifkan Picture in Picture WhatsApp yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Mengaktifkan Picture in Picture WhatsApp

  • Pertama, buka app store untuk memperbarui WhatsApp ke versi terbaru yang tersedia.
  • Sekarang buka aplikasi dan mulai panggilan video.
    Kapan pun ada kebutuhan untuk membuka aplikasi lain, minimize WhatsApp dengan menggesek layar dari bawah. WhatsApp akan melanjutkan panggilan video di jendela kecil yang melayang di atas aplikasi lain tanpa jeda.
  • Untuk me-minimize video call yang sedang berlangsung, pengguna WhatsApp bisa menekan panah yang mengarah ke kiri di pojok kiri atas layar, yang membuka bagian chat WhatsApp.
  • Untuk mengakses aplikasi lain saat menghadiri panggilan video, minimize panggilan video dengan menekan tombol beranda (Android) atau menggesek perangkat dari bagian bawah layar (iOS) ke atas dan menavigasi ke aplikasi yang diperlukan.

Meskipun WhatsApp belum merilis fitur Picture-in-Picture untuk pengguna Android, mereka dapat mengaktifkan mode Picture-in-Picture perangkat mereka sebagai solusinya.

  • Buka aplikasi 'Pengaturan' dan ketik Picture-in-Picture ' di kotak pencarian di bagian atas.
  • Jika ponsel mendukung fitur tersebut, pengguna dapat mengaktifkannya untuk WhatsApp dan minimize panggilan video tanpa gangguan.

Bersamaan dengan Picture-in-Picture untuk panggilan video, WhatsApp untuk iOS juga mendapatkan update keterangan saat mengirim dokumen dan dukungan untuk subjek dan deskripsi grup yang lebih panjang.

Baru-baru ini, WhatsApp rilis fitur yang memungkinkan pengguna Android mengirim 100 foto/video sekaligus. Sebelumnya, batas ini ditetapkan menjadi 30. Namun, fitur ini belum tersedia untuk pengguna WhatsApp iOS.

Itulah cara mengaktifkan Picture in Picture WhatsApp yang bisa kamu coba. Bagi kamu pengguna Android bisa bersabar untuk menunggu updatean selanjutnya. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup