Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 22 Juni 2023 | 18:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Opera telah mengumumkan versi baru dari browser webnya yang bernama Opera One. Salah satu fitur utama dalam perangkat lunak ini adalah chatbot berkecerdasan buatan (AI) bernama Aria.

Dilansir dari Gizmochina, mirip dengan chatbot Bing di Microsoft Edge, chatbot Aria juga terletak di dalam sisi browser dan dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan informasi real-time, memberikan saran, dan lainnya.

Selain chatbot Aria yang didukung oleh kecerdasan buatan, peramban ini juga dilengkapi dengan tampilan yang dirancang ulang dan beberapa fitur baru yang bertujuan untuk membuat pengalaman menjelajah menjadi intuitif dan produktif.

Fitur yang disebut Tab Islands juga hadir dalam peramban ini, yang merupakan cara baru untuk mengatur tab-tab menjadi kelompok yang saling terkait. Pengguna dapat membuat Tab Islands yang berbeda untuk pekerjaan, pribadi, dan lainnya, dan dengan cepat beralih antara mereka.

Opera Browser. (Opera)

Chatbot Aria, yang dapat mencari di web, menghasilkan teks, dan menulis kode, didukung oleh teknologi GPT dari OpenAI - teknologi yang sama yang digunakan dalam Bing milik Microsoft. Untuk menggunakan alat ini, pengguna perlu mendaftar akun Opera jika mereka belum memiliki.

Dibangun dengan menggunakan kerangka Modular Design baru dari perusahaan yang diklaim menawarkan fleksibilitas dan penyesuaian yang lebih baik, peramban web ini juga dilengkapi dengan VPN bawaan, mode hemat baterai, dan lainnya.

Perusahaan telah memulai uji coba peramban web Opera One baru ini bulan lalu, tetapi sekarang sudah tersedia untuk semua orang. Peramban ini dapat diunduh untuk Windows, Linux, dan macOS.

BACA SELANJUTNYA

Kendati Sudah Disentil OpenAI, Microsoft Nekat Meluncurkan Versi Terbaru Bing Chat