Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 28 Agustus 2023 | 13:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Realme 11 menjadi penantang baru di kelas Rp 3 jutaan yang menawarkan fitur lengkap. Cek seperti apa HP baru Realme Indonesia dalam review Realme 11 berikut ini.

Resmi dikenalkan di Indonesia, Realme 11 hadir sebagai bagian dari keluarga HP seri angka Realme yang selama ini menjadi andalan brand tersebut.

Realme 11 dikenalkan ke pasar Indonesia dengan harga Rp 3.599.000 secara resmi. Dan pastinya ada berbagai promo menarik dari Realme Indonesia di peluncurannya.

Dengan harga tersebut, hanya ada satu varian memori yang dihadirkan. Yakni RAM 8 GB dengan memori internal 256 GB.

Dengan harga tersebut, apakah HP baru Realme Indonesia ini layak dibeli? Simak review Realme 11 dari tim HiTekno.com berikut ini.

Performa Realme 11

HP baru ini dibekali MediaTek Helio G99, chipset 4G yang punya performa handal. Dari main game hingga produktivitas yang lancar.

Kombinasi yang bagus, Realme memadukan MediaTek Helio G99 dengan RAM 8 GB. Karena memang kapasitas RAM besar membantu chipset ini.

Terbukti dalam pengujian AnTuTu Benchmark, menghasilkan nilai 430.818 untuk AnTuTu v10. Angka yang cukup tinggi dibanding pesaingnya untuk kelas Rp 3 jutaan.

Review Realme 11 - AnTuTu v10. (HiTekno.com)

Sedangkan hasil AnTuTu Benchmark v9, Realme 11 ini menghasilkan nilai 372026. Nilai setinggi ini dihasilkan oleh chipset MediaTek Helio G99 yang memang kencang.

Dalam bermain game, chipset MediaTek Helio G99 ini memang bisa diandalkan untuk berbagai judul-judul populer.

Seperti Genshin Impact yang lancar dengan pengaturan grafis di very low. Tidak ada masalah apapun untuk pengaturan grafis ini.

Meski sudah dengan RAM besar, tetap tersendat jika dinaikkan ke medium. Frame drop mulai terasa jika dinaikkan ke medium.

Sedangkan untuk game Garena Undawn, Realme 11 ini tidak menemui masalah untuk main di pengaturan fast. Semua terasa lancar dan aman-aman saja.

Sedangkan jika dinaikkan ke smoot mengalami frame drop yang terasa. Bahkan mulai mengganggu pengalaman bermain.

Sedangkan CarX, game balap ini bisa dimainkan dengan baik oleh Realme 11 di pengaturan grafis terendahnya.

Sebagai catatan, tiga game di atas termasuk judul-judul kelas berat sebagai game Android. Juga memiliki grafis yang tinggi dan berat.

Sedangkan untuk game-game kompetitif populer, Realme 11 ini lancar tanpa kendala untuk memainkan Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile.

Mobile Legends lancar dengan pengaturan grafis High-High yang lancar di 60 FPS. Sedangkan PUBG Mobile di HD-High.

Pengalaman bermain game dengan Realme 11 memang memuaskan, jika pengaturan grafisnya di tingkat rendah untuk game-game berat.

Kemampuan RAM dinamis yang bisa melakukan ekspansi memori hingga 8 GB bermanfaat untuk menjalankan banyak aplikasi bersamaan.

Namun hasil uji coba tim HiTekno.com, peningkatan ekspansi RAM ini tidak meningkatkan performa untuk tugas berat.

Dari Hasil pengujian AnTuTu Benchmark v10, ketika ekspansi RAM ditingkatkan ke 8 GB malah terjadi penurunan nilai menjadi menjadi 420 ribu dari 430 ribu.

Review Realme 11 - AnTuTu v10 RAM ekspansi 4 GB vs 8 GB. (HiTekno.com)

Penurunan ini terjadi karena turunnya nilai memori dari hasil pengujian. Sedangkan peningkatan hanya didapatkan sisi CPU secara tidak signifikan.

Pemakaian ekspansi RAM disarankan untuk menjalankan banyak aplikasi kecil. Besarnya RAM menjaga aplikasi tidak cepat ditutup sistem operasi.

Bagi yang membutuhkan performa kencang seperti game, ubah ke pengaturan terkecil. Ekspansi RAM dengan internal memori tidak akan sekencang RAM asli.

Secara performa keseluruhan, Realme 11 ini cukup memadai dan handal di kelas Rp 3 jutaan. Produktivitas dan gaming tak kalah dari pesaing.

Kamera Realme 11

HP baru Realme Indonesia ini dibekali kamera utama 108 MP yang dipadukan dengan kamera B/W sebagai depth sensor untuk mode portrait atau bokeh.

Sekilas ada beberapa lingkaran di modul kamera belakang, namun yang paling berguna hanya kamera utama yang memiliki resolusi 108 MP.

Kamera Realma 11 ini memiliki telephoto 3x, namun itu hanya digital Zoom yang dihasilkan dari sensor 108 MP kamera utamanya.

Untungnya, digital Zoom ini dihasilkan dari sensor 108 MP. Sehinggai foto yang dihasilkan tetaplah lebih baik dibanding sensor beresolusi rendah.

Review Realme 11 - kamera belakang. (HiTekno.com)

 

Review Realme 11 - kamera belakang zoom x3. (HiTekno.com)

Soal hasil foto, kamera utama 108 MP ini bisa diandalkan. Mulai dari situasi cahaya ideal, kualitasnya cukup baik.

Hasil fotonya cenderung terang dengan brightnes cukup, sedangkan saturasi warnanya cenderung tinggi dan mencolok.

Seperti kebanyakan HP Realme Indonesia lainnya di kelas ini, warna untuk kulit manusia cenderung lebih merah.

Night Mode Realme tidak diragukan lagi, hasilnya cukup apik. Foto yang dihasilkan cukup bersih dari noise dan terang.

Review Realme 11 - minim cahaya. (HiTekno.com)

Kamera ini juga memiliki mode Street untuk yang menggemari street fotografi, juga portrait untuk membuat background blur, 108 MP mode untuk resolusi tinggi.

Selain itu masuk ada fitur Pro, panorama, slo-mo, Time-lapse, dual-view, text scanner, tilt-shift yang tersedia di aplikasi bawaan.

Sedangkan kamera selfie memakai sensor 16 MP, cukup besar resolusinya. Hasil dari kamera selfie ini juga cukup baik.

Review Realme 11 - Kamera selfie. (HiTekno.com)

Kualitas warna cukup konsisten seperti kamera utama di belakang. Hanya detail yang pastinya kalah, karena memiliki resolusi lebih rendah.

Dalam perekaman video, sudah mendukung resolusi 1080p dan 720p. Sayangnya tidak ada opsi untuk perekaman 60 FPS baik kamera belakang maupun depan.

Selain itu juga tidak ada opsi video stabilizer untuk menjaga hasil video dari guncangan, baik kamera depan maupun belakang.

Review Realme 11 - HDR. (HiTekno.com)

Baterai dan Charger Realme 11

Hasil pengujian charger 67 watt Realme 11 ini cukup menakjubkan. Pengisian daya baterai yang dilakukan sangat cepat.

Dari 10 persen menuju 100 persen dihasilkan dalam 40 menit saja. Dalam 30 menit pertama sudah mengisi sampai 83 persen.

Dari 10 persen sampai 50 persen hanya dicapai dalam 14 menit saja. Sedangkan temperatur maksimal saat pengisian rata-rata di 35 derajat celcius.

Soal pemakaian baterai, chipset MediaTek Helio G99 ini tergolong cukup awet. Baterai 5.000 mAh pada Realme 11 dalam pemakaian sehari-hari masih sisa.

Main game Genshin Impact selama 10 menit hanya memangkas baterai sekitar 4 persen saja. Tergolong cukup irit dengan kapasitas 5.000 mAh.

Desain dan Fitur

Akhirnya Realme Indonesia mendengarkan permintaan pengguna, yakni dengan menghadirkan NFC ke HP number series mereka.

Sayangnya untuk gyro masih virtual, belum ada sensor lengkapnya. Namun untuk kelengkapan lain sudah mencukup.

Seperti fingerprint sensor di samping yang responsif. Juga ada proximity, compass dan accelerometer.

Konektivitas pada Realme 11 ini juga cukup lengkap, dari WIFI A/b/g/n/ac, Bluetooth 5.2, USB type-C 2.0, OTG.

Soal Audio, Realme 11 masih dilengkapi jack 3.5 mm. Sayangnya speaker yang disematkan masih mono pada bagian bawah.

Review Realme 11 - Kamera belakang. (HiTekno.com)

Layar sendiri memakai panel Super AMOLED 90 hz dengan tingkat kecerahan 1000 nits. Layar berukuran 6,4 inci ini beresolusi 1080x2400 piksel.

Panel Super AMOLED ini terlihat sangat terang, sehingga tetap jelas di bawah terik matahari. Soal warna juga cukup aman dan pengaturan yang luas.

Secara desain cukup sederhana dan minimalis, tetap nyaman dalam genggaman. Sedangkan modul kamera lingkaran besar di belakang memang bukan selera banyak orang.

Realme Indonesia sendiri menghadirkan dua pilihan warna, yakni gold atau emas dan hitam. Dalam pengujian tim HiTekno.com adalah versi Glory Gold.

Soal warna sekilas terlihat elegan dari kejauhan. Bukan tipe warna yang ramai, namun tidak polos emas saja.

Kelebihan

  • Memori besar
  • Charger ngebut
  • NFC
  • Performa handal di kelasnya
  • Hasil foto kamera utama bisa diandalkan
  • Layar terang dan memukau

Kekurangan

  • Menampilkan iklan
  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Speaker mono
  • Tidak perekaman video 60 FPS

Kesimpulan Review Realme 11

Review Realme 11 - Paket penjualan. (HiTekno.com)

Realme 11 ini hadir sebagai pilihan menarik untuk kelas Rp 3 jutaan. Menawarkan performa yang handal dan aman untuk main game.

Dibanding seri sebelumnya, HP baru ini mendapatkan peningkatan sisi charger yang ngebut, memori lebih besar, NFC dan resolusi kamera lebih tinggi.

Cocok untuk mereka yang mencari HP 4G di kelas Rp 3 jutaan dengan memori lega, layar Super AMOLED, Charger cepat dan hasil foto memadai.

Dengan harga Rp 3.599.000, harus berkompromi speaker mono, jaringan 4G, tidak ada kamera ultrawide dan perekaman video 60 fps.

Itulah hasil review Realme 11 dari HiTekno.com. Realme 11 menjadi HP baru yang menarik di kelas Rp 3 jutaan.

BACA SELANJUTNYA

Andalkan Desain Stylish dan Kemampuan Fotografi, Cek Berapa Harga Vivo V30 di Indonesia