Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 November 2023 | 13:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek Dimensity 9300 resmi diumumkan sebagai chipset smartphone baru yang hadir dengan desain All Big Core. Apa yang dihadirkan MediaTek dengan desain barunya tersebut?

Dengan All Big Core, MediaTek Dimensity 9300 diklaim memiliki konfigurasi unik yang mengkombinasikan performa dengan teknologi hemat data.

Perusahaan chip ini mengklaim kalau chipset MediaTek Dimensity 9300 menghadirkan pengalaman pengguna dalam bermain game, merekam video, dan pemrosesan AI generatif pada perangkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Dimensity 9300 adalah chip andalan MediaTek terkuat saat ini, yang menghadirkan peningkatan besar dalam daya komputasi ke ponsel pintar andalan dengan desain All Big Core kami yang inovatif," kata Joe Chen, Presiden MediaTek.

"Arsitektur unik ini, yang dikombinasikan dengan Unit Pemrosesan AI on-chip kami yang ditingkatkan, akan mengantarkan era baru aplikasi AI generatif seiring developer mendorong batas kemampuan komputasi edge AI dan hybrid AI." lanjutnya.

Prosesor AI APU 790 generasi berikutnya dari MediaTek telah diintegrasikan ke dalam Dimensity 9300. Ini dirancang secara signifikan demi meningkatkan kinerja AI generatif dan hemat daya untuk komputasi edge yang lebih cepat dan aman.

APU 790 menggandakan performa operasi bilangan bulat dan bilangan real, sekaligus mengurangi konsumsi daya sebesar 45%. Dengan mengadaptasi model Transformer untuk akselerasi operator, kecepatan pemrosesan APU 790 menjadi 8 kali lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya, dengan image generation selama sedetik menggunakan Stable Diffusion.

MediaTek telah mengembangkan teknologi kuantisasi INT4 presisi campuran, yang bila dikombinasikan dengan kompresi perangkat keras memori NeuroPilot MediaTek, dapat memanfaatkan bandwidth memori secara lebih efisien dan secara signifikan mengurangi kebutuhan memori untuk model AI besar.

APU 790 juga memberikan dukungan untuk NeuroPilot Fusion, yang dapat terus melakukan adaptasi LoRA tingkat rendah, dan mampu mendukung model bahasa besar (large language model) dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B.

Sebagai bagian dari ekosistem AI MediaTek, Dimensity 9300 akan mendukung model bahasa besar mainstream termutakhir, seperti Meta Llama 2, Baichuan 2, Baidu AI LLM, dan lain-lain. Dengan begitu, ini bisa membantu developer menerapkan aplikasi AI generatif multi-modal untuk memberikan pengalaman AI generatif, seperti teks, gambar, dan musik kepada pengguna.

Dengan GPU andalan terbaru Arm, Immortalis-G720, Dimensity 9300 memberikan pengalaman gaming seluler yang luar biasa. MediaTek Dimensity 9300 menawarkan peningkatan performa GPU hampir 46% dengan tingkat konsumsi daya yang sama dengan Dimensity 9200.

Tak hanya itu, MediaTek Dimensity 9300 juga memberikan pengurangan konsumsi daya GPU sebesar 40% pada performa sama pada chipset generasi sebelumnya. Ini memberikan pengguna peningkatan kinerja yang besar tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

Dengan kombinasi desain CPU octa-core ekstrem dari chipset ini dengan mesin raytracing perangkat keras generasi kedua dari MediaTek, ponsel pintar yang ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9300 akan menghadirkan efek pencahayaan global tingkat konsol dengan kecepatan 60 FPS yang mulus.

Ditambah lagi, chipset ini memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas dengan lancar; sehingga mereka dapat bermain game dan streaming video secara bersamaan atau menonton video lain sambil bermain game.

MediaTek Dimensity 9300mendefinisikan ulang pemotretan seluler dan pengambilan video dengan menggabungkan AI-ISP berdaya rendah dan HDR yang selalu siap pakai dengan resolusi hingga 4K pada 60 frame per second (fps).

Chipset ini juga mendukung mode sinematik 4K pada 30 fps dengan bokeh tracking secara real-time untuk peningkatan bokeh kualitas profesional, serta 4K AI Noise Reduction (AI-NR) dan pemrosesan AI pada foto dan video RAW.

Selain itu, Dimensity 9300 akan mendukung format Ultra HDR baru di Android 14 untuk ponsel pintar generasi berikutnya. Ultra HDR adalah langkah maju dalam fotografi seluler, membuat foto terlihat jauh lebih hidup sekaligus memastikan bahwa file kompatibel dengan format JPEG yang hampir didukung secara universal.

Dengan makin menyempurnakan fotografi bagi pengguna, Dimensity 9300 juga mendukung teknologi restorasi HDR inovatif yang beradaptasi dengan cahaya sekitar.

Sistem tampilan Dimensity 9300 memanfaatkan kemampuan AI pada perangkat yang kuat dari chipset untuk mendeteksi objek utama dan gambar latar belakang secara real-time. Dengan didukung mesin MiraVision Picture Quality (PQ), tampilan yang dihasilkan secara dinamis akan menyesuaikan kontras optimal, ketajaman, dan warna objek utama, serta meningkatkan keseluruhan gambar dengan kesan mendalam.

Akhirnya, menciptakan pengalaman video yang nyata, sebanding dengan TV besar modern atau DTV unggulan saat ini.

Karena konektivitas adalah bagian penting dari pengalaman pengguna, MediaTek Dimensity 9300 mendukung kecepatan Wi-Fi 7 hingga 6,5 Gbps dan mengintegrasikan teknologi MediaTek Xtra RangeTM untuk konektivitas jarak jauh yang lebih baik.

Dengan teknologi Multi-Link Hotspot dari MediaTek, MediaTek Dimensity 9300 juga meningkatkan kecepatan koneksi melalui hotspot Wi-Fi dari ponsel (tethering) hingga 3x lipat dibandingkan teknologi kompetitor.

Fitur utama lainnya dari MediaTek Dimensity 9300 meliputi:

  • Kekuatan inti yang sangat besar: MediaTek Dimensity 9300 dibangun lewat proses 4nm generasi ketiga TSMC dengan empat inti Arm Cortex-X4 dengan kecepatan operasi hingga 3,25GHz dan empat inti Cortex-A720 yang beroperasi hingga 2,0GHz untuk memaksimalkan performa.
  • Kecepatan tampilan lebih cepat: Chipset ini mendukung WQHD pada 180Hz dan 4K hingga 120Hz untuk memberikan visual menakjubkan, dengan dukungan layar aktif ganda, bahkan untuk bentuk ponsel lipat.
  • Konektivitas 5G yang lancar: Modem 5G R16 mendukung 4CC-CA Sub-6GHz dan 8CC-CA mmWave dengan teknologi UltraSave 3.0+ dari MediaTek untuk meningkatkan hemat daya.
  • Memori cepat: MediaTek Dimensity 9300 mendukung memori LPDDR5T 9600Mbps, yang saat ini merupakan kecepatan tertinggi.
     

Selain fitur yang berfokus pada pengalaman pengguna, MediaTek Dimensity 9300 menawarkan keamanan superior untuk perangkat Android andalan.

Desain keamanan chipset yang berfokus pada privasi mampu menahan serangan fisik terhadap akses data dengan melindungi proses-proses penting selama booting dan saat melakukan komputasi yang aman.

Dengan prosesor Cortex-X4 dan Cortex-A720 yang dibangun berdasarkan arsitektur v9 terbaru Arm, chipset ini mendukung teknologi Memory Tagging Extension (MTE) canggih dari Arm yang memudahkan pengembang menemukan bug terkait memori sebelum dan sesudah penerapan.

MTE, yang merupakan komitmen Google untuk mendukung seluruh rangkaian Android-nya, akan membantu menjaga keamanan pengguna dan mempercepat proses pengembangan sehingga produsen dapat mempercepat waktu pemasaran.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity 8200-Ultra Jadi Kunci Penting Xiaomi 13T Memiliki Pemrosesan Gambar Canggih