Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 15 Desember 2023 | 16:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - POCO Indonesia berkomitmen untuk membawa performa ekstrem dalam semua lini HP-nya. Brand smartphone ini pun menjanjikan akan menghadirkan RAM besar di semua lini HP-nya.

Sebagai informasi, kapasitas RAM berpengaruh kepada performa meski tidak secara mutlak. Selain itu, RAM juga punya peran penting dalam smartphone.

Disampaikan Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia. "RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah hape. Makin besar kapasitas RAM tentunya makin baik. Sebaliknya, kapasitas RAM yang kecil, bisa menghambat performa meski CPU di hapenya sudah kencang. Makanya POCO selalu berusaha ngasih RAM yang memadai biar performa hapenya paling ekstrem di kelasnya."

Tapi apa, sih, RAM itu sebenarnya, serta bagaimana cara kerjanya hingga perannya begitu penting bagi sebuah smartphone? Langsung kita kupas tuntas!

Kenalan lebih dekat dengan RAM dan cara kerjanya

Pada dasarnya, RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis memori dengan karakter cepat. Buat memudahkan dalam memahami RAM lebih dalam, ada baiknya kita mengerti cara pemrosesan data di smartphone, khususnya terkait peran RAM di dalamnya.

Begini, ketika hape dinyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan/diakses berada di storage. Ketika aplikasi dijalankan barulah ditempatkan di RAM.

Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang berjalan/diakses. Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Karena itulah RAM juga kerap disebut sebagai memori sementara.

Secara arsitektur, RAM berposisi di antara CPU (atau lebih luasnya, chipset) dan storage untuk 'menjembatani' kerja kedua elemen tersebut. Artinya, OS maupun aplikasi dan data-data lain yang akan diproses oleh CPU disiapkan oleh RAM dengan membaca/mengambilnya dari storage.

Dengan begini, CPU cukup membaca/mengakses data yang ada di RAM. Ini lebih cepat sekaligus efisien ketimbang CPU harus membaca/mengambilnya dari storage, yang kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya masih 'bercampur' dengan data yang sedang tidak ingin digunakan.

Jika dianalogikan, RAM adalah kantong di baju atau celana, sementara storage hape adalah ransel. Akan jauh lebih cepat menemukan dan mengambil benda yang kita inginkan dari kantong ketimbang dari ransel, bukan? Simpelnya kira-kira seperti itu.

Pengaruh kapasitas RAM Besar buat HP

Spek dari RAM yang paling sering diperhatikan adalah kapasitasnya. Setelah paham cara kerja dan peran RAM, sudah mulai kebayang pengaruh kapasitas RAM dalam sistem smartphone? Berikut ini beberapa yang paling signifikan.

Mendongkrak performa hape

Mengingat data-data yang bakal diolah sama CPU terletak di RAM, jadinya dengan makin besar kapasitas RAM akan makin banyak pula data yang siap buat diproses. Sehingga, performa hape makin oke.

Sebaliknya kalau RAM kecil, data yang nggak muat ditampung oleh RAM ibarat mesti mengantre dulu sebelum siap diproses. Akibatnya, ketika antrean makin panjang, berisiko bikin hape nge-lag.

Mendukung multitasking

Aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, kan, ditempatkan juga di RAM. Itulah sebabnya mengapa RAM besar sangat mendukung multitasking. Yap, makin besar kapasitas RAM, memungkinkan makin banyak aplikasi yang bisa berjalan secara simultan (berbarengan).

Mengingat riwayat

Saat sebuah aplikasi dibuka, RAM juga akan 'mengingat' riwayat tersebut serta aktivitas kita di dalamnya. Dengan begini, aplikasi jadi lebih cepat dibuka kembali di kemudian waktu, maupun saat menjalankan fungsi-fungsi atau fitur milik aplikasi tersebut yang pernah kita jalankan sebelumnya. Makin besarnya kapasitas RAM, bakal makin banyak pula yang dapat diingatnya.

Main game tambah lancar

Sebuah game membutuhkan RAM yang besar buat menampungnya serta pengoperasiannya, ketika data-data dari game tersebut diolah oleh CPU maupun GPU.

Apalagi kalau berupa game 3D, tentu datanya makin besar, sehingga membutuhkan kapasitas RAM makin besar pula agar kita bisa memainkannya dengan lancar jaya.

Itu dia cara kerja dan peran RAM beserta pengaruh kapasitasnya bagi sistem smartphone.

"Mengingat begitu menentukannya peran RAM bagi performa hape, POCO terus mendobrak batasan di industri hape dengan menghadirkan produk yang mengusung RAM berkapasitas besar di semua lininya, termasuk di lini low-end sekalipun. Sekali lagi tentunya demi memastikan semua hape POCO memiliki performa yang paling ekstrem di kelasnya," tegas Andi.

"Semoga POCO Fans makin aware akan arti penting RAM ketika ingin membeli hape," tutupnya.

BACA SELANJUTNYA

Performa hingga Fitur, Apa Saja Kelebihan POCO M6 Pro