Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Desember 2023 | 10:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Asus resmi mengumumkan kehadiran serangkaian server dan motherboard server terbaru yang mendukung prosesor Intel Xeon E-2400. Seperti apa server dan motherboard Asus terbaru ini?

Prosesor tersebut menawarkan kinerja yang superior dengan dukungan hingga delapan core serta dukungan langsung untuk PCI Express (PCIe 5.0) dan kecepatan memori DDR5 4400 MT/s.

Produk server Asus yang dibekali modul BMC terbaru dalam chipset ASPEED 2600 ini tidak hanya menawarkan pengelolaan dan keamanan yang lebih baik, tetapi juga kompatibel dengan IPMI 2.0 yang dapat meningkatkan kompatibilitasnya dengan berbagai software manajemen jarak jauh. Di sisi lain, prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-5 terbaru juga telah diluncurkan.

Keunggulan prosesor Intel Xeon E2400

Prosesor seri Intel Xeon E-2400 dirancang untuk usaha kecil hingga menengah (UKM) dan penyedia layanan cloud yang menawarkan solusi kuat dan aman.

Prosesor ini mendukung hingga delapan core dan 16 thread dengan frekuensi maksimum 5,6 GHz dan TDP 95 W untuk memastikan pemrosesan data yang cepat sekaligus menghadirkan responsivitas aplikasi.

Intel Xeon E-2400 memiliki dukungan memori DDR5 4400 MT/s hingga 128 GB serta antarmuka PCIe 5.0 untuk memberikan performa kelas server yang andal selama 24/7 pada layanan bisnis penting dan data pelanggan, sekaligus kinerja hemat biaya untuk layanan cloud bare-metal pemula.

Server Asus RS300-E12-RS4

Server Asus RS300-E12-RS4 dirancang untuk memanfaatkan kemampuan delapan core yang dimiliki prosesor seri Intel Xeon E-2400 dengan dukungan hingga 95 W TDP.

Mesin canggih ini dirancang dan berfokus pada opsi penyimpanan yang luas dengan dukungan empat hot-swap drive pada front panel serta slot M.2 tambahan.

Dalam hal konektivitas, server ini menawarkan slot PCIe 5.0 dengan slot PCIe 4.0 eksklusif untuk memastikan bandwidth yang lebih tinggi. Untuk efisiensi daya, server Asus RS300-E12-RS4 dibekali dengan power supply redundant Platinum PLUS 450 W 80.

Selain itu, server ini juga memiliki konektivitas jaringan yang kuat karena dibekali dual port Ethernet gigabit Intel I210-AT yang dapat dipakai bersamaan. Proses manajemen server juga ditingkatkan menggunakan manajemen out-of-band dari Asus ASMB11-iKVM dengan pengontrol ASPEED AST2600.

Server Asus RS300-E12-RS4

Server Asus RS300- E12-PS4 memiliki berbagai fitur serupa dengan model RS300-E12-RS4, seperti prosesor, kemampuan penyimpanan, slot PCIe, opsi Ethernet, kontroler manajemen, dan fitur keamanan.

Hal yang membedakan dengan model sebelumnya yaitu fokus pada penyederhanaan pemeliharaan sistem yang dilakukan oleh power supply 350 W 80 PLUS Gold.

Model ini mengimbangi kinerja yang dimilikinya dengan memberikan efisiensi energi agar menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan solusi server yang efisien.

Motherboard server Asus P13R-M/10G-2T

Motherboard server Asus P13R-M/10G-2T meningkatkan konektivitasnya dengan dual-port Ethernet gigabit Intel X710-AT2 serta menyediakan slot M.2 untuk meningkatkan kecepatan boot OS.

Motherboard Asus ini tetap mempertahankan fitur inti dari seri server RS300-E12, seperti dukungan untuk prosesor seri Intel Xeon E-2400, opsi penyimpanan yang cukup, serta Asus ASMB1-iKVM untuk proses manajemen yang efisien.

Motherboard server Asus P13R-M/10G-2T

Motherboard server Asus P13R-M hadir dengan mengikuti spesifikasi utama dari RS300-E12-PS4 yang berfokus pada dukungan prosesor, fleksibilitas penyimpanan, dan kemampuan jaringan yang serupa.

Hal yang membedakan adalah Asus P13R-M didesain dengan form factor yang ringkas serta dibekali power supply 350 W 80 PLUS Gold, sehingga menjadi pilihan efisien untuk bisnis yang membutuhkan solusi motherboard dengan kemampuan paralel ke server RS4 dan PS4.

Manajemen infrastruktur IT yang komprehensif

Server RS300-E12 dan motherboard server P13R-M memiliki fitur Asus ASMB11-iKVM yang merupakan modul iKVM embedded serta secara opsional dilengkapi dengan Asus Control Center (ACC) yang menawarkan fitur manajemen out-of-band dan in-band yang komprehensif untuk bisnis kecil dan menengah.

ASMB11-iKVM memiliki dukungan pembaruan BIOS jarak jauh, kontrol kipas, KVM mandiri, perekaman video, pengambilan BSOD, serta menyediakan pemantauan dan diagnostik jarak jauh sepanjang waktu. Fungsi tersebut tetap dapat diakses melalui antarmuka grafis berbasis web yang mudah digunakan di berbagai browser utama bahkan jika sistem operasi sedang down atau offline.

Adanya fitur ACC semakin meningkatkan manajemen infrastruktur IT dengan cara memusatkan dan mengintegrasikan pemantauan dan kontrol untuk produk komersial Asus, seperti server, workstation, dan digital signage. ACC memungkinkan pembaruan BIOS jarak jauh, pemantauan sistem perangkat seluler, dan manajemen server yang disederhanakan melalui pembaruan software dengan sekali klik dan peluncuran.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-5

Jajaran prosesor Intel Xeon Generasi ke-5 terbaru menghadirkan peningkatan kinerja untuk kebutuhan umum rata-rata hingga 21% dan peningkatan kinerja per watt rata-rata hingga 36%2 di seluruh beban kerja dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan kinerja pelatihan yang lebih tinggi hingga 29% dan kinerja inferensi yang lebih tinggi hingga 42%.

Dengan soket LGA-4677, seri CPU terbaru ini melanjutkan keunggulan pendahulunya dengan sempurna melalui kompatibilitas yang mudah digunakan. Dengan delapan saluran memori DDR5 -5600 yang mendukung kapasitas hingga 2 TB, 80 jalur PCI Express 5.0 dengan dukungan CXL 1.1, serta TDP 350 W untuk konfigurasi 1P dan 2P, Xeon Scalable terbaru adalah sebuah pusat inovasi. 

BACA SELANJUTNYA

Cara Download Mobile Legends Advance Server, Cobain Fitur Baru Lebih Dulu