Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 Februari 2024 | 18:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamera menjadi fitur penting dalam smartphone yang terus dikembangkan sampai saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini membuat inovasi pada smartphone berkembang pesat, dan salah satu sektor yang mengalami kemajuan signifikan adalah pada aspek kamera.

Seiring dengan tren fotografi yang semakin masif di kalangan pengguna, kualitas kamera saat ini menjadi salah satu tolok ukur dalam penilaian sebuah smartphone.

Tren terbaru pada kamera smartphone sekarang ini adalah kehadiran lensa telefoto periskop yang mampu menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan detail dibandingkan kamera smartphone dengan resolusi besar, layaknya DSLR namun versi yang lebih ringkas.

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional. Cahaya memasuki lensa dan dipantulkan melalui serangkaian prisma atau cermin sebelum mencapai sensor gambar.

Hal ini memungkinkan lensa pada smartphone memiliki panjang focal yang lebih besar dibandingkan dengan lensa konvensional, sehingga meningkatkan kemampuan zoom optik.

Ada sejumlah kelebihan dari lensa telefoto periskop, seperti zoom optik yang lebih tinggi dibandingkan dengan lensa konvensional yang masih digunakan di smartphone pada umumnya.

Kelebihan lainnya terdapat pada kualitas gambar yang lebih baik di mana lensa telefoto periskop menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail daripada lensa dengan zoom digital, begitu juga jika dibandingkan dengan kamera dengan resolusi besar, di mana membutuhkan proses pemotongan gambar lanjutan.

Walaupun membutuhkan konfigurasi yang lebih, namun teknologi lensa telefoto periskop juga dapat tetap dihadirkan dengan membuat desain smartphone tetap tipis dan lebih ringkas, bahkan jika dibandingkan dengan smartphone dengan lensa zoom konvensional. 

Penemuan lensa periskop pada smartphone menjadi terobosan yang mengesankan sebab kini para pengguna tidak perlu bergantung lagi pada kamera DSLR yang memiliki ukuran besar untuk dapat melakukan pengambilan gambar berkualitas tinggi.

Smartphone dengan lensa telefoto periskop menawarkan alternatif yang menarik. Selain lebih ringkas, smartphone dengan lensa telefoto periskop dapat diandalkan untuk mengambil gambar dengan zoom optik yang tinggi dan kualitas gambar yang tidak kalah baik.

Lensa telefoto periskop saat ini telah menjadi tren dan standar baru dalam dunia smartphone. Namun, pengadaannya yang rumit dan mahal membuat teknologi ini masih terbatas pada smartphone flagship dan premium.

Meskipun demikian, Realme telah mengonfirmasi kehadiran teknologi ini dalam lini Number Series melalui Realme 12 Series 5G yang akan segera diluncurkan di Indonesia. Realme 12 Series 5G akan menawarkan kemampuan fotografi tingkat atas dengan kehadiran lensa telefoto periskop dan berbagai fitur fotografi untuk para anak muda.

"Seiring dengan tren fotografi yang semakin marak khususnya di kalangan anak muda, saat ini kami tengah mempersiapkan kehadiran Realme 12 Series 5G, yang akan menjadi smartphone pertama di segmennya dengan menghadirkan teknologi lensa telefoto periskop. Sebagai brand yang lebih mengerti anak muda, Realme fokus dalam berinovasi untuk menghadirkan beragam teknologi terbaru dan menghadirkannya untuk bisa dinikmati oleh lebih banyak pengguna. Kami tidak sabar untuk menghadirkan teknologi bagi lebih banyak anak muda di Indonesia. Tunggu kabar selanjutnya mengenai smartphone terbaru Number Series ini," kata Ellen Zhou – Marketing Director Realme Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Ulang Tahun Realme Community ke-5, Diramaikan Kumpul Komunitas dan Turnamen Esports