Selasa, 28 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 29 April 2024 | 10:01 WIB

Hitekno.com - Samsung Electronics Indonesia mengumumkan ketersediaan opsi Bahasa Indonesia di Galaxy AI yang bisa diakses pada Samsung Galaxy S24 Series. Opsi Bahasa Indonesia ini akan memberikan kemudahan lebih bagi pengguna dalam menggunakan fitur AI untuk kebutuhan Komunikasi.

Pengguna Samsung Galaxy S24 Series bisa menikmati pilihan Bahasa Indonesia pada fitur Galaxy AI tersebut mulai 26 April 2024.

Sebelumnya, saat diperkenalkan pada awal tahun ini, Galaxy AI hadir dengan 13 bahasa. Kehadiran opsi Bahasa Indonesia pun menunjukkan komitmen Samsung dalam mengembangkan teknologi AI untuk memaksimalkan pengalaman pengguna saat berkomunikasi, menuangkan kreativitas dengan cara-cara baru, hingga menjalani produktivitas.

“Hari ini, Bahasa Indonesia sudah tersedia di paket pilihan bahasa Galaxy AI di Galaxy S24 series.  Pengguna Galaxy S24 Series bisa menerjemahkan berbagai bahasa asing ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya, saat menggunakan fitur-fitur seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist. Kami paham ini sudah begitu dinantikan oleh konsumen di Indonesia, jadi kami memastikan pengguna akan menikmati pengalaman yang seamless dalam berkomunikasi. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen kami dalam mentransformasi penggunaan AI di perangkat mobile melalui terobosan-terobosan signifikan yang bermakna,” ujar Harry Lee, President of Samsung Electronics Indonesia.

Pengguna Galaxy S24 Series bisa mengaktifkan Bahasa Indonesia di Galaxy AI dengan 3 langkah berikut ini:

  1. Usap layar ke atas (swipe up)
  2. Ketik “Language Packs” pada kolom Search, pilih “Language Packs for translation”
  3. Unduh “Indonesia” 

Sekarang kamu bisa memanfaatkan Bahasa Indonesia saat menggunakan fungsi penerjemah di fitur-fitur seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist

Bahasa Indonesia di Interpreter dan Live Translate

Hadirnya Bahasa Indonesia di fitur-fitur AI ini akan memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk beraktivitas. Kini, pengguna bisa lebih mudah mengobrol dengan orang-orang dari luar negeri berkat fitur Interpreter dan Live Translate mampu menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia. Kini kamu dapat berbicara dengan teman berbahasa asing hingga solo traveling saat liburan di luar negeri, semua jadi lebih epic!

Berikut cara untuk menggunakan fitur Interpreter:

  1. Buka panel “Quick Settings”
  2. Pilih “Interpreter”
  3. Atur bahasa yang kamu gunakan dan bahasa yang digunakan lawan bicara dengan tap kolom bahasa di samping ikon mikrofon
  4. Tap ikon mikrofon untuk mulai berbicara

Sedangkan untuk mengaktifkan Bahasa Indonesia di fitur Live Translate, ini caranya:

  1. Buka “Settings”
  2. Pilih “Advanced features”
  3. Pilih “Advanced intelligence”
  4. Pilih “Phone”
  5. Tap toggle agar berada di posisi On
  6. Atur Bahasa Indonesia di bagian “Me” dan bahasa orang lain di bagian “Others”
  7. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur Live Translate dengan masuk ke “Phone” > tap ikon “More” (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas layar > pilih “Settings” > pilih Live Translate

Untuk menikmati pengalaman yang lebih seamless, pengguna juga bisa menggunakan wearables seperti Galaxy Buds FE yang sudah mendukung fitur Live Translate dan bekerja maksimal saat di-pairing ke Samsung Galaxy S24 Series.

Dengan menggunakan Galaxy Buds FE, pengguna bisa menelepon sambil membaca hasil terjemahan dari ucapan lawan bicaranya di layar perangkat dengan lebih praktis.

Pengalaman epic ini pun bisa tetap dinikmati saat lawan bicara tidak menggunakan perangkat mobile atau smartphone Android.

Bahasa Indonesia di Chat Assist

Kini, pengguna juga bisa menulis email atau pesan singkat menggunakan gaya bahasa formal tanpa terkesan kaku dengan lebih praktis berkat bantuan Chat Assist yang dapat memastikan penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai EYD.

Chat Assist pun akan memberikan rekomendasi gaya bahasa lainnya agar tulisan jadi lebih mengalir dan natural.

Pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan Bahasa Indonesia di fitur Chat Assist:

  1. Buka “Settings”, pilih “Advanced features”, pilih “Advanced Intelligence”
  2. Pilih “Samsung Keyboard”
  3. Pilih “Chat Translation”, tap toggle agar berada di posisi On
  4. Unduh Bahasa Indonesia. Lalu untuk mengaktifkannya, pilih Bahasa Indonesia
  5. Buka chat (WhatsApp, message), chat Bahasa Indonesia bisa langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa

Bahasa Indonesia di Transcript Assist

Dengan hadirnya Bahasa Indonesia, pengguna juga bisa lebih leluasa dalam meningkatkan produktivitas. Kini, fitur Transcript Assist akan memudahkan pengguna menerjemahkan materi berbahasa asing ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan lebih cepat.

Ini akan sangat berguna saat pengguna ingin merangkum pembicaraan di meeting, seminar, ataupun perkuliahan. Jadi, pengguna bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien.

Adapun pengguna bisa mengaktifkan Bahasa Indonesia di fitur Transcript Assist dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi “Voice Recording”, pilih file rekaman yang diinginkan
  2. Pilih opsi “Transcribe”, kemudian pilih bahasa, lalu tap â€œTranscribe”
  3. Transkripsi akan ditampilkan secara otomatis. 
  4. Kamu juga bisa merangkum dan menerjemahkan hasil transkripsi dengan memilih file transkripsi yang ingin diterjemahkan, kemudian klik “Summary”, kemudian ikon transcript.

Kehadiran opsi Bahasa Indonesia melengkapi pilihan 13 bahasa yang sebelumnya telah tersedia lebih dulu. Selain Bahasa Indonesia, hadir pula pilihan bahasa-bahasa baru lainnya, seperti Bahasa Arab dan Bahasa Rusia, sehingga kini terdapat total 16 pilihan bahasa yang bisa dipilih pengguna.

Berkat ketersediaan pilihan bahasa yang semakin luas, pengguna dapat merasakan pengalaman komunikasi lintas bahasa hingga berkolaborasi dengan lebih praktis, efisien, dan produktif untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik saat beraktivitas dalam keseharian.

Semua opsi bahasa ini akan tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi).

BACA SELANJUTNYA

Software Update Samsung Galaxy Tab S9 Series, Hadirkan Galaxy AI