Sabtu, 15 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 05 Juni 2024 | 10:21 WIB

Hitekno.com - MediaTek dalam gelaran COMPUTEX 2024 mengumumkan langkah perusahaan chip ini untuk bergabung dengan Arm Total Design. Yakni ekosistem yang bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan pengembangan produk berbasis Arm Neoverse Compute Subsystems (CSS).

Arm Neoverse CSS merupakan ekosistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan terkait kinerja dan efisiensi aplikasi AI di pusat data, sistem infrastruktur, telekomunikasi, dan lainnya.

“Bersama dengan Arm, kami memungkinkan desain pelanggan kami memenuhi beban kerja paling menantang untuk aplikasi AI sehingga memaksimalkan kinerja per watt.” ujar Vince Hu, Corporate Vice President di MediaTek.

“Kami akan bekerja sama dengan Arm saat kami memperluas jangkauan kami ke pusat data, menggunakan keahlian kami dalam komputasi hybrid, AI, SerDes dan ciplet, serta memajukan teknologi pengemasan untuk mempercepat inovasi AI dari perangkat hingga cloud.” lanjutnya.

Dengan memanfaatkan Neoverse CSS, sebuah subsistem yang sudah terbukti, tervalidasi, serta memiliki kinerja optimal, kemampuan desain integrasi SoC MediaTek yang terdepan dalam industri ini dapat memberikan solusi yang berbeda dan mempercepat waktu pemasaran.

MediaTek dapat memanfaatkan teknologi Neoverse CSS untuk menghadirkan SoC yang dioptimalkan untuk kebutuhan aplikasi spesifik, memenuhi kebutuhan komputasi AI yang kompleks.

“Teknologi AI mendorong kebutuhan yang tak terpuaskan akan komputasi dan efisiensi daya yang lebih besar,” kata Mohamed Awad, senior vice president dan general manager, Infrastructure Line of Business, Arm.

“Dengan bergabung bersama Arm Total Design, MediaTek membangun kemitraan jangka panjang, yang telah menghasilkan miliaran perangkat berkinerja tinggi dan hemat energi, serta akan menghadirkan keahlian kelas dunia tersebut ke dalam infrastruktur seiring dengan kami menghadirkan pusat data cloud yang berkelanjutan dan didukung AI dengan cepat di Arm Neoverse CSS.” pungkasnya.

Di seri Dimensity selular, MediaTek menerapkan desain arsitektur berdaya rendah terbaik di kelasnya pada CPU Arm untuk mendorong kinerja komputasi, grafis, dan AI andalan ke tingkat berikutnya, sekaligus menawarkan efisiensi terdepan di industri.

Selain itu, MediaTek adalah pemasok Wi-Fi di industri untuk broadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game. Kemitraan ini meluas ke aplikasi perangkat lainnya termasuk otomotif, Chromebook, dan perangkat IoT yang digunakan di rumah pintar, perusahaan, dan lingkungan industri.

BACA SELANJUTNYA

Bantu Pengembangan Aplikasi AI, MediaTek Integrasikan NVIDIA TAO ToolKit dengan NeuroPilot SDK