Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 02 September 2018 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebelumnya Konami pernah mengatakan bangga karena PES 2018 diikutkan dalam salah satu eSport yang dilombakan di Asian Games 2018. Indonesia harus puas menduduki peringkat ketiga grup dan gagal lolos setelah kalah dari tim lawan.

Mengawali laga dari peraturan rule of three, perwakilan Indonesia yang bernama Setia Widianto harus berhadapan dengan wakil dari Jepang, Naoki Sugimuda.

Pada game pertama, Widianto memilih tim Barcelona dengan menggunakan formasi 4-2-1-3. Strategi counter attack dengan menggunakan trisula maut Suarez, Messi, dan Coutinho diperagakan oleh Widianto pada awal permainan.

Lawan dari Jepang yaitu Sugimura Naoki memilih tim Arsenal untuk menghadapi Indonesia. Naoki juga menggunakan formasi 4-2-1-3 dengan tiga penyerang sekaligus di dalam kotak penalti.

PES 2018. (Konami)

Jepang mempercayakan daya serangnya menggunakan Iwobi, Lacazette,dan Aubumeyang. Di game pertama, Jepang dan Indonesia menggunakan formasi yang hampir sama.

Perbedaannya hanya terletak di sektor penyerang. Indonesia menggunakan 2 penyerang murni (CF) dan satu penyerang sayap kanan (RWF). Sementara Jepang memilih 3 penyerang murni (CF) di dalam kotak penalti.

Jepang berhasil mempraktikan strategi frontline pressure pada lini pertahanan sehingga penyerang dari Indonesia sulit menembus daerah pertahanan Jepang.

Serangan Lacazette yang mampu menembus sisi tengah dan Iwobi yang mengacaukan formasi membuat Widianto cukup kerepotan. Game pertama dimenangkan Jepang dengan skor 5-0.

Tim PES 2018 Indonesia. (Konami)

Unggul 1 skor dalam game pertama, Indonesia sebenarnya bisa membalikkan keadaan jika menang di game kedua.

Namun di babak kedua, pasangan Setia Widianto dan Elga Putra gagal membendung duet Naoki Sugimura dan Tsubasa Aihara.

Pasangan Indonesia yang menggunakan Arsenal dikalahkan oleh Jepang dengan tim Barcelona.

Tim PES 2018 Jepang. (Konami)

Game pertama Jepang berhasil menggempur Indonesia dengan 2 gol tanpa balas. Babak kedua Indonesia hanya mampu membalas dengan sebiji gol. Setelah 2 game berturut-turut kalah, maka sesuai sistem rule of three, Indonesia harus tersingkir dari Jepang.

Malang bagi Indonesia, tim PES 2018 Asian Games harus puas di peringkat ketiga klasemen grup setelah menang dari India (2-0) namun kalah dari Vietnam (0-2).

BACA SELANJUTNYA

Perebutkan Medali, Esports Resmi Jadi Cabang Olahraga di Asian Games 2022