Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 12 November 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Buat gamer era sebelum internet pasti punya yang namanya buku walkthrough atau buku panduan. Karena dari buku inilah sumber dari banyak strategi dan panduan untuk menamatkan game ada.

Ketika internet mulai marak, banyak yang berpindah ke forum untuk saling berbagi informasi. Mulai dari tips, trik, hingga berbagi walkthrough game.

Lamban laun, internet mulai menggantikan media cetak. Termasuk dengan keberadaan buku walkthrough game pun ikut tergusur termakan zaman.

Buku walkthrough game pun akhirnya lebih menjadi barang mewah dan koleksi. Untuk sebagian besar gamer lebih memilih mencari walkthrough di Internet.

Hal ini pun berimbas pada penerbit buku walkthrough game paling populer, Prima Games. Tepatnya induk dari Prima Games, DK memutuskan untuk tidak lagi menerbitkan buku-bukunya.

Buku walkthrough game dari Prima Games. (Prima Games)

Dilansir dari engadget, CEO DK, Ian Hudson mengumumkan keputusan berat ini. Mereka akhirnya gulung tikar pada awal 2019.

Prima Games sendiri sudah diterbitkan sejak 1990 di Amerika Serikat. Setelah perjalanan panjang, akhirnya Prima Games gulung tikar.

Tidak dipungkiri, forum-forum online seperti Gamefaq dan situs-situs Wiki merebut banyak pembaca buku walkthrough game.

Ditambah lagi hadirnya YouTube dan layanan straming seperti Twicth juga ikut andil. Orang lebih mudah menemukan apa yang mereka cari.

Namun tentu saja, Prima Games dengan buku walkthrough game yang pernah dibuatnya punya andil besar bagi gamer.

BACA SELANJUTNYA

4 Fitur Samsung Galaxy A25 5G untuk Menunjang Mabar Lebih Seru