Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 10 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kini popularitas game mobile Pokemon Go memang tak seperti di awal peluncurannya 2016 lalu. Namun siapa sangka, Pokemon Go masih meraup pendapatan yang tinggi.

Game garapan Niantic Labs ini memang tak sepopuler dulu, namun tetap memiliki pemain setiap yang tidak sedikit. Ditambah lagi, game ini terus mendapatkan update yang menarik.

Berkat pemain loyalnya, game berbasis augmented reality (AR) ini meraup pendapatan yang fantastis. Bahkan susah disaingin game mobile lainnya.

Berdasarkan data yang dirilis perusahaan analis keuangan Sensor Tower baru-baru ini, pendapatan Pokemon Go mencapai 2,45 miliar dolar AS atau sekitar Rp 34 triliun lebih.

Nilai ini boleh dibilang fantastis mengingat Pokemon Go belum genap 3 tahun dirilis. Apalagi, genre permainan ini terbilang anti-mainstream ketimbang MOBA atau Battle Royale yang sedang digandrungi.

Ilustrasi game mobile Pokemon Go. (Shutterstock).

Bahkan Sensor Tower menyebut Pokemon Go merupakan game terlaris dalam franchise Pokemon.

Game mobile ini sukses melewati pencapaian game franchise Pokemon terdahulu, seperti Pokemon Shuffle, Pokemon Duel, Pokemon Quest, Pokemon: Magikarp Jump, dan Pokemon TCG Online.

Mengutip dari Variety pada Minggu (10/3/2019), keberhasilan Pokemon Go tersebut dipengaruhi pembaruan yang terus diberikan oleh pihak developer.

Selama lebih dari dua tahun, Niantic Labs konsisten memberikan update pada konten game seperti penambahan fitur trade Pokemon dan PvP (player versus player).

Ilustrasi game mobile Pokemon Go. (Shutterstock).

Selain itu, Niantic Labs juga rajin menyelenggarakan event off air berupa gathering para pemain Pokemon Go di berbagai belahan dunia.

Pada event tersebut, perusahaan melepas Pokemon langka dan item khusus untuk para pemain yang loyal memainkan game Pokemon Go.

Dengan pendapatan Pokemon Go sebesar itu, memang susah untuk game mobile lainnya menyamainya. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

College Brawl, Game Mobile Genre Fighting Yang Harus Dicoba