Selasa, 07 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 06 Desember 2019 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Siapa sangka seorang politikus anggota kongres Amerika Serikat (AS) terbukti bersalah salah gunakan dana kampanye untuk beli game.

Diwartakan Polygon, Duncan D. Hunter, seorang politikus dari Partai Republican pada 2016 mendapat sorotan karena pola hidup mewahnya.

Salah satu yang disoroti pengeluaran politikus ini adalah pengeluaran untuk beli game PC di Steam. Dari sana ia menjadi sorotan simpatisan.

Dilaporkan San Diego Union-Tribune, Duncan Hunter diketahui melakukan pembelian game PC di Steam sebesar 1.302 dolar AS atau sekitar Rp 18 juta.

Dari siaran pers Departemen Kehakiman AS, Duncan Hunter memakai dana kampanye untuk keperluan pribadinya. Yang salah satunya untuk beli game PC di Steam.

Selain itu, politikus AS ini memakai dana kampanye untuk membeli tiket film, makanan cepat saji, Lego set, Playdoh, bahan makanan, makanan anjing.

Juga untuk membiayai kehidupan mewahnya, dari liburan ke luar negeri, menginap di hotel mewah, hingga tiket pesawat untuk kelinci peliharaan keluarganya.

Duncan Hunter, politisi AS yang gunakan dana kampanye untuk beli game. (Twitter)

Dari siaran pers tersebut, pulitikus Partai Republican ini dinyatakan bersalah karena memakai dana kampanye untuk kepentingan pribadinya.

Ia bersama sang istri terbukti secara ilegal menggunakan dana kampanye sebesar 150.000 dolar AS atau sekitar Rp 2 miliar.

Pengadilan menuntutnya hukuman maksimum dalam kasus ini adalah lima tahun penjara dan denda 250.000 dolar AS atau sekitar Rp 3,5 miliar.

Denda yang dijatuhkan kepada Duncan Hunter ini jika dihitung-hitung, bisa untuk membeli lebih dari 6 ribu copy Halo: The Master Chief Collection, game terlaris di Steam saat ini.

Itulah kisah Duncan Hunter, politikus AS dari Partai Republican yang memakai dana kampanye untuk kepentingan pribadi. Termasuk beli game PC di Steam.