Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 21 Januari 2020 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang ayah rakit pengontrol Nintendo yang dibuat khusus untuk putrinya yang memiliki kebutuhan khusus menggunakan sejumlah suku cadang dari eBay.

Anaknya yang berumur 9 tahun bernama Ava memiliki kondisi ia tidak bisa menggunakan pengendali permainan fiddly.

Melihat anaknya yang begitu menyukai bermain game, Rory Steel, yang juga seorang mantan guru IT dan Kepala Digital Jersey Academy memutuskan merakit pengontrol khusus untuk putrinya.

Dilansir dari laman Daily Mail, Rory Steel membawa Microsoft Adaptive Controller yang dirancang untuk memungkinkan pengguna XBox dengan kebutuhan tambahan lain untuk bermain game ditambah sejumlah perangkat lain dari eBay.

Sayangnya, permainan favorit Ava adalah Zelda: Breath of the Wild yang hanya tersedia di Nintendo Switch dan Nintendo tak memiliki kontroler adaptif.

Pengontrol NIntendo khusus. (Twitter/@JerseyITGuy)

Ava menyukai permainan ini karena ia sering melihat teman-temannya memainkannya dan ia telah melihat dari YouTuber favoritnya.

Ia akhirnya terinspirasi untuk membuatkan Ava controller setelah putrinya hanya bisa melihat teman-temannya bermain Nintendo Switch.

Rory Steel mengatakann bagian tersulit dari mengadaptasi controller untuk Nintendo Switch adalah menemukan joystick yang berdiri di atas kotak yang kompatibel.

Untuk merakit pengontrol ini ia harus mencari komponen yang dapat terhubung dan membuat sesuatu yang dapat digunakan oleh putrinya.

Rory Steel menggunakan kotak sekrup tua dan menghubungkan semua bagian ke controller adaptif Xbox, meski butuh kesabaran karena akan ada banyak sekali kabel.

Fokus Rory Steel adalah memungkinkan Ava dan kakanya, Corban yang memiliki kondisi yang sama dapat bermain seperti teman-teman mereka.

Video saat Ava memainkan game Zelda dengan controller tersebut diunggah oleh Rory Steel di Twitter dan mendapatkan sorotan dari netizen, bahkan mendapatkan lebih dari 18 ribu retweets dan 63 ribu likes.

BACA SELANJUTNYA

LEGO 2K Drive Akhirnya Rilis Global, Tersedia di Berbagai Platform