Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Januari 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Call of Duty Mobile akhirnya bisa masuk ke China setelah melalui proses perizinan panjang. Dan game mobile ini langsung menuai sukses besar terlihat dari jumlah download di negara tersebut.

Activision dan Tencent sendiri berupaya untuk bisa membawa game mobile ini ke China, mengingat kesuksesannya secara global.

Setelah mendapat persetujuan pemerintah pada Agustus, Call of Duty Mobile dirilis pada 25 Desember 2020. Call of Duty Mobile versi China diumumkan melalui halaman Weibo game.

Sejak diluncurkan, Call of Duty Mobile telah diunduh lebih dari 300 juta kali, angka tersebut belum termasuk lonjakan baru populasi game di China.

Dilansir dari Gamerant, Jumat (1/1/2021), laporan awal menyebutkan ada lebih dari 70 juta pra-registrasi menjelang peluncuran game tersebut di China.

Call of Duty Mobile. (Activision)

Dengan Call of Duty Mobile secara resmi diluncurkan di China, tim pengembang di Tencent membuat trailer game baru yang secara khusus bermitra dengan selebritas lokal China.

"Activision dan Tencent hari ini secara resmi meluncurkan Call of Duty: Mobile di China di iOS dan Android. Game ini memiliki lebih dari 70 juta prapendaftaran sebelum diluncurkan. Perusahaan bekerja sama untuk merilis trailer aksi langsung dengan selebriti di China," tulis akun Twitter Call of Duty News (@charlieINTEL) pada 26 Desember.

Peluncuran ini membuat Call of Duty Mobile secara resmi menjadi judul global dan sekarang pemain dapat bermain game di mana pun mereka tinggal, selama menggunakan perangkat yang didukung. Game ini membutuhkan koneksi WiFi yang kuat untuk dimainkan.

Meski tidak sepopuler franchise game utamanya dari Call of Duty, tapi game ini menggabungkan aspek-aspek dari setiap judul ke dalam wadah pencampuran yang secara umum diterima baik oleh para pemain.

Mulai dari acara liburan hingga battle pass bergilir, para pengembang Call of Duty Mobile terus menghadirkan konten baru ke dalam game.

Call of Duty hadir di China. [Twitter]

Ketika para pemain di China bergabung dengan jutaan pemain lainnya secara global, akan menarik untuk melihat dampaknya terhadap perkembangan game.

Mengingat harus mengikuti aturan pemerintah, Call of Duty Mobile versi China memiliki sedikit perubahan. Sebagian besar game yang dirilis di China perlu beradaptasi dengan standar budaya sebelum diizinkan untuk diakses oleh publik.

Tak hanya Call of Duty Mobile, Fortnite, PUBG, dan banyak judul lainnya memiliki versi alternatif yang tersedia di China yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

Meski begitu, komunitas pemain di China masih akan mendapat manfaat dari pengalaman gameplay yang sama dengan pemain di seluruh dunia.

Kita nantikan saja, sampai sejauh mana kesuksesan Call of Duty Mobile ini di China. Berpa juta download yang akan dicapai game mobile ini? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Giliran Perusahaan Teknologi AS Balik Diblacklist China, Amerika Malah Mengeluh