Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Maret 2021 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pertandingan catur persahabatan antara Dadang Subur alias Dewa Kipas melawan Granmaster wanita Irene Kharisma Sukandar menjadi sorotan Levy Rozman alias GothamChess.

Pecatur profesional asal Amerika Serikat yang sempat dikalahkan Dewa Kipas dalam platform catur online Chess.com.

Setelah mengalahkan Levy Rozman, akun Dewa Kipas milik Dadang Subur di Chess.com diblokir karena dituding telah bermain curang. Penilaian Chess.com ini didukung oleh para pecatur dunia, termasuk para pecatur Indonesia seperti Irene Sukandar dan Heri Darmanto.

Usai pertandingan yang dimenangkan Irene Sukandar, GothamChess memberikan tanggapannya pada kekalahan Dadang Subur.

"Jadi @irene_sukandar mengalahkan Dewa_Kipas 3-0. Akurasinya kurang dari 40% dalam permainan. Lebih dari 1 juta orang menonton pertandingan tersebut," tulis @GothamChess, Senin (22/3/2021).

Irene Sukandar melawan Pak Dadang Subur. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Selain itu, GothamChess menilai bahwa pertandingan dua pecatur tersebut memiliki dampak baik dan buruk. Kabar baiknya, pertandingan catur kini sudah populer.

Bagi siapapun yang melakukan cheat atau kecurangan, tambah GothamChess, orang-orang akan mengetahui dan mengadili cheater tersebut.

"Kabar buruknya: dia memenangkan 7000 dolar AS dan disebut berani dan tak mau mengakui kebenarannya," tulis GothamChess.

Memang, setelah kalah dari Irene dalam laga itu, Dadang Subur alias Dewa Kipas masih tetap membawa pulang hadiah senilai Rp 100 juta.

"Dear Indonesia, ini merupakan petualangan menyenangkan yang kini sudah berakhir. Kalian bisa memercayai kebenaran atau memilih untuk terus bersembunyi," cuit Levy Rozman sembari menambahkan bahwa ia akan kembali membuka kanal YouTube miliknya untuk ditonton netizen Indonesia.

Pak Dadang Subur melawan Irene Sukandar. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Tadinya Levy Rozman menutup kanal Youtube karena mendapat serangan dari netizen Indonesia. Serangan dilancarkan karena netizen yakin Rozman adalah dalang di balik ditutupnya akun Dadang Subur alias Dewa Kipas di Chess.com.

Dadang Subur sendiri menyerah setelah dikalahkan Irene Sukandar dalam tiga babak pertarungan catur persahabatan tersebut. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Bule Main Catur Sama Tukang Becak di Trotoar, Netizen: Buset, Santuy Banget