Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 16 Mei 2021 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Game mobile diketahui punya pasar yang besar dan terus tumbuh. Dan belum lama ini dikeluarkan daftar game mobile terlaris untuk April 2021 kemarin, baik untuk Android maupun iOS.

Yakni Sensor Tower, lembaga riset pasar aplikasi mobile yang mengeluarkan laporan sepuluh game mobile terlaris sepanjang April 2021.

Game mobile terlaris di seluruh dunia saat ini diraih oleh Honor of Kings atau Arena of Valor (AOV) dari Tencent dengan pengeluaran pemain mencapai 258,8 juta dolar AS dan mewakili pertumbuhan 38,4 persen dari April 2020.

Sekitar 96 persen pendapatan Honor of Kings berasal dari pemain China dan versi lokalnya dengan judul Game for Peace memiliki 1,7 persen pendapatan dari Thailand dan 1,2 persen dari Taiwan.

Pada posisi kedua diduduki oleh PUBG Mobile dari Tencent dengan pendapatan kotor 237,7 juta dolar AS. Dilaporkan sekitar 60 persen berasal dari pemain di China, diikuti sekitar 11 persen dari Amerika Serikat.

Game mobile terlaris berikutnya adalah Uma Musume Pretty Derby milik CyberAgent, Roblox dari Roblox Corporation, dan Coin Master dari Moon Active.

Pada peringkat keenam diraih oleh Genshin Impact dari miHoYo, Rise of Kingdom buatan Lilith Games, Candy Crush Saga, Clash of Clans, dan terakhir Garena Free Fire.

Game mobile terlaris April 2021 [screenshot Sensor Tower].

Dilansir dari laman resmi Sensor Tower pada Sabtu (15/5/2021), Honor of Kings telah lama menjadi salah satu game moble dengan pendapatan terbesar di dunia.

Bahkan pandemi Covid-19 dan aturan lockdown justru mendorong pengeluaran pemain ke level yang lebih tinggi.

Pada 2020, pengeluaran pemain untuk game tersebut naik lebih dari 50 persen dari tahun ke tahun menjadi 2,6 miliar dolar AS.

Pendapatan bulanan pun terus meningkat dan April 2021 menandai bulan terbaiknya di App Store maupun Google Play. Tercatat dari Januari hingga April, Honor of Kings telah menghasilkan hampir 1 miliar dolar AS.

Kinerja pasar game mobile  sejak gelombang awal pandemi yang terjadi pada kuartal pertama dan kedua 2020 mengungkapkan bahwa pengeluaran naik 10,8 persen YoY (Year over Year) pada April 2021.

Meskipun banyak negara terus memberlakukan batasan sosial, sektor game mobile terus tumbuh seiring dengan beberapa aturan lockdown yang dilonggarkan. Hal itu menunjukkan sejauh ini industri game dapat mempertahankan kinerjanya.

Itulah daftar game mobile terlaris Aprl 2021 yang menempatkan Honor of Kings atau Arena of Valor (AOV)  di puncaknya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Early Access Nightingale Sudah Dibuka, Tersedia di Steam dan Epic Games Store