Jum'at, 24 September 2021
Agung Pratnyawan : Rabu, 21 Juli 2021 | 09:30 WIB

Hitekno.com - Nintendo telah resmi mengenalkan varian baru dari konsol game hybrid Switch. Yakni Nintendo Switch OLED yang disiapkan untuk meluncur pada Oktober 2021 mendatang.

Setelah dikenalkannya Nintendo Switch OLED, mucul rumor yang mengklaim akan ada konsol game yang lebih bertenaga dari perusahaan asal Jepang ini.

Namun laporan terbaru, Nintendo membantah isu yang beredar. Perusahaan tersebut memastikan tidak ada varian baru yang akan mereka luncurkan.

"Kami juga ingin mengklarifikasi bahwa kami baru saja mengumumkan Nintendo Switch (Model OLED) akan diluncurkan pada Oktober 2021, dan tidak memiliki rencana untuk meluncurkan model lain saat ini," kata Nintendo dalam tweetnya, dikutip pada Selasa (20/7/2021).

Informasi ini merupakan bantahan dari rumor yang dikeluarkan Bloomberg sebelumnya. Maret lalu, Bloomberg secara akurat menggambarkan ukuran, jenis layar, hingga tanggal peluncuran Nintendo Switch OLED.

Kemudian laporan susulan muncul pada akhir Mei, di mana Bloomberg menyatakan Nintendo akan mengungkap model baru dengan output 4K pada event Electronic Entertainment Expo (E3) 2021.

Sayangnya ketika peluncuran Nintendo Switch OLED, perusahaan tidak mengeluarkan spesifikasi itu. Beberapa penggemar meyakini output 4K akan hadir di perangkat baru yang disebut Nintendo Switch Pro.

Nintendo Switch anyar dengan layar OLED. (YouTube/ Nintendo)

Beberapa waktu lalu, perusahaan resmi merilis Nintendo Switch OLED dengan layar besar berukuran 7 inci. Konsol genggam ini muncul dengan hingga resolusi 1080p saat docking.

Selain layar baru, model OLED ini juga memiliki stand atau tatakan baru yang dapat disesuaikan ketika bermain di atas meja. Ada pula penyimpanan internal yang naik 64GB dari konsol sebelumnya yang berisi 32 GB.

Selanjutnya ada dok baru dengan port ethernet kabel yang terpasang di dalamnya. Kemudian audio konsol juga ditingkatkan saat bermain dalam mode genggam atau meja.

Nintendo Switch OLED mulai dijual pada 8 Oktober mendatang dengan harga 350 dolar AS atau Rp 5 jutaan.

Sayangnya Nintendo Switch OLED ini tidak mendapatkan upgrade dapur pacu, masih menggunakan chip yang sama dengan varian sebelumnya. Hanya berubah pada sisi layar dan upgrade memori. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Speedrunner Tamatkan Super Mario Bros dalam 11 Menit dengan Mata Tertutup