Rabu, 22 September 2021
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 15 September 2021 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 diketahui memasukkan eSports ke dalam rangkaian pertandingan yang ada. Yogyakarta turut mengirimkan tim serta atlet eSports pada Pra PON XX Papua 2021.

Berdasarkan informasi dari platform resmi Garudaku.com, Pra PON terselenggara pada 07 hingga 15 September 2021. Meski begitu, terdapat cabang eSports yang masih akan bertanding setelah 15 September untuk mendapatkan tempat di final.

Perlu diketahui, final PON XX Papua 2021 cabang eSports bakal diselenggarakan pada 21 hingga 26 September 2021. Eksibisi Esports mempertandingkan lima cabang game yaitu eFootball PES (perebutan medali eksibisi), Mobile Legends (perebutan medali eksibisi), Free Fire (perebutan medali eksibisi), PUBG Mobile (perebutan medali eksibisi), dan Lokapala (pertandingan persahabatan).

Berdasarkan keterangan dari Pengurus Besar Esports Indonesia Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (PB ESI DIY), mereka telah mengirimkan atlet-atlet untuk keempat cabang eSports tersebut.

Pada PES E-Football, atlet yang berhasil lolos ke babak Pra-PON (6-8 September 2021) adalah Muhammad Bintang Kahfi dan Muhammad Zaidan Zahrul Fuadi.

Kualifikasi Pra PON Free Fire. (Instagram/ @esi_diy)

Blessing Team mewakili Yogyakarta di cabang eSports Mobile Legends (9-10 September 2021) dengan beranggotakan Okta Rizki, Husni Mubarok, Iman Aprilio Nugraha, Ardhyan Isdi Nugroho, dan Bagus Yuda Firmansyah.

Tim Wolfgenk VT telah mewakili DIY di cabang eSports Free Fire pada 11-12 September 2021. Mereka beranggotakan Giri Arza Safira, Muhammad Aditya Kurniawan, Fathurahman Nur Rasyid, dan Helsa Gelar Praja Radja.

Tim eSports PUBG Mobile diwakili Alin Titans yang beranggotakan Yosep Cahya Yudha, Adam Widiyantoro, Nico Wijaya, dan Mackenzie Abdi. Perwakilan PES E-Football 2021 gugur di babak 32 besar saat melawan Provinsi Sulawesi Selatan dengan skor 1 vs 2.

Grup B PUBG Mobile Pra PON XX Papua 2021. (Instagram/ @esi_diy)

Sementara itu, perwakilan tim untuk cabang eSports Mobile Legends gugur di babak 16 besar. Tim eSports DIY kalah dari Provinsi Jawa Barat dengan skor 0 vs 2. Wolfgenk VT yang mewakili DIY di eksibisi eSports Free Fire sebenarnya hampir saja lolos ke babak final PON XX Papua apabila masuk tiga besar fase grup.

Namun, mereka menempati posisi keempat dengan total 46 poin. Tim eSports DIY kemudian memperoleh tiket untuk bertanding pada babak Wild Card. Sayangnya, mereka menempati posisi kelima sehingga tak masuk ke final.

Tim dari Yogyakarta menyisakan cabang eSports PUBG Mobile. Pada undian yang digelar Selasa (14/09/2021) malam, tim eSports PUBG Mobile Yogyakarta tergabung ke dalam Grup B.

Profil tim Alin Titans yang mewakili DIY di cabang eSports PUBG Mobile. (Garudaku.com)

Sebagai informasi, Grup B terdiri dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Utara, KP Bangka Belitung, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Pertandingan Grup B akan dimulai pada Rabu (15/09/2021) pukul 18.50 dan bisa disaksikan secara online melalui channel YouTube PB ESI. Hasil Pra PON XX Papua 2021 cabang eSports bisa dilihat melalui platform Garudaku.com.

BACA SELANJUTNYA

Arti Winner Winner Chicken Dinner, Player PUBG Mobile Wajib Tahu