Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 27 Januari 2022 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Steam Deck masih belum berada dalam genggaman meski telah dikenalkan pada kuartal ketiga 2021. Valve baru saja mengumumkan tahapan pemesanan Steam Deck melalui situs resminya.

Perlu diketahui, Steam Deck diharapkan meluncur pada Desember 2021. Meski begitu, Valve justru meminta maaf dan menjelaskan bahwa mereka harus menunda peluncuran komersialnya.

"Kami meminta maaf atas hal ini. Perusahaan melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah rantai pasokan global. Tetapi karena kekurangan bahan, komponen tidak mencapai fasilitas manufaktur kami tepat waktu untuk memenuhi tanggal peluncuran awal," tulis Valve dalam laman resminya beberapa waktu lalu.

Valve mengonfirmasi bahwa pesanan "Q4 2021" sebelumnya sekarang terdaftar sebagai "Q1 2022". Steam Deck mengungkap bahwa Steam Deck bakal meluncur pada 25 Februari 2022.

Pengiriman kepada penggemar tidak akan dimulai hingga 28 Februari 2022. Ini berarti perusahaan butuh beberapa hari untuk mengirimkan konsol setelah peluncuran utamanya.

Devil May Cry 5 berjalan lancar di konsol Steam Deck. (YouTube/ Devil May Cry)

Pelanggan yang telah memesan lebih awal via email bakal menjadi prioritas pertama perusahaan. Mereka akan memiliki waktu 72 jam sejak menerima email untuk mengunci reservasi di antara pengiriman unit pertama.

Jika tidak mengonfirmasi atau melakukan pembelian, slot atau jatah mereka akan menjadi milik orang lain. Dikutip dari Games Radar, pasokan PS5 dilaporkan bermasalah sebagai dampak dari krisis chip yang melanda pasar global.

Masih belum diketahui apakah konsol dari Valve bakal memenuhi semua pemesanan dari calon konsumen atau tidak. Sebagai informasi, Steam Deck memiliki prosesor AMD APU berisi CPU Zen 2 (4 Core, 8 thread) yang bisa berjalan 2,4 sampai 3,5 GHz. Juga dengan GPU 8 RDNA 2 yang berjalan 1 sampai 1,6 GHz.

Valve memasangkan chip kustom dari AMD dengan RAM LPDDR5 16 GB. Untuk memori memiliki tiga pilihan: 64 GB eMMC, 256 GB NVMe SSD, dan 512 GB high-speed NVMe SSD. Steam Deck juga mendukung slot microSD.

BACA SELANJUTNYA

Qualcomm Mau Serius di Industri Konsol Genggam, Sony dan Nintendo Digaet?