Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 07 Februari 2022 | 18:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa itu hode di game online? Hode masih terdengar asing di telinga masyarakat. Istilah hode yang sering muncul di dalam game online.

Konon, kata hode berasal dari nama monster di Ragnarok Online, di mana monster tersebut akan keluar dari tanah dan menyerang pemain di dekatnya.

Monster yang berbentuk unik ini digunakan sebagai sindiran pada gamer pelaku hode di game. Tapi apa itu hode di game online yang marak digunakan?

Istilah hode mulai populer sejak tahun 2002 dan sejak saat itulah julukan hode masih digunakan sampai sekarang. Sederhananya, istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan pemain laki-laki yang menggunakan karakter wanita pada game online.

Hal tersebut dilakukan agar pemain lain tidak bingung dengan karakter pemain tersebut. Biasanya pemain hode akan sengaja mendekati pemain laki-laki lain dengan berpura-pura menjadi perempuan untuk mendapatkan keuntungan di dalam game, seperti uang, item, dan lain-lainnya.

Sampai sekarang pun, masih banyak hode yang berkeliaran dalam game online seperti sengaja memasang profile picture sebagai perempuan, dan cara-cara lainnya. Tak hanya itu, sekarang ini banyak kasus penipuan dengan modus hode. Lantas bagaimana ciri-ciri hode?

Ilustrasi bermain game. (pakutaso).

Berikut ciri-ciri hode di game online yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Menggunakan Foto Ulzzang

Ulzzang adalah sebutan yang digunakan oleh masyarakat Korea Selatan untuk seseorang yang berwajah cantik atau tampan. Ulzzang sendiri kebanyakan dari kalangan orang biasa dan bukan selebriti.

Hal ini membuat tidak banyak orang tahu identitas aslinya. Rata-rata hode menggunakan foto ala ulzzang cantik. Foto ulzzang sangat mudah ditemukan di internet. Terkadang identitas ulzzang juga tidak diketahui, sehingga foto tersebut menjadi sasaran empuk hode.

2. Mengaku Tidak Punya Medsos

Hampir semua orang memiliki media sosial di zaman seperti sekarang ini. Namun beda dengan para hode, mereka akan mengaku tidak punya media sosial, karena takut kalau identitasnya akan terbongkar.

Biasanya gamer saling berkenalan sampai ke real life (dunia nyata di luar game) dan saling bertukar media sosial bukanlah hal yang aneh. Padahal melalui media sosial para gamer akan lebih mudah saat ingin mengajak main bareng dan membentuk squad.

3. Pintar Merayu

Saat sedang asyik chatting, biasanya pemain hode akan memberikan kode-kode kepadamu seperti sedang ingin skin Mobile Legend terbaru atau ingin mengisi UC PUBG yang pastinya harus dibayar dengan uang. Untuk mendapatkannya, biasanya mereka mengeluarkan rayuan manis demi menaklukkan hati korban.

4. Tidak Mau Diajak Ketemuan

Menolak ajakan seseorang memanglah hak setiap orang. Tetapi tidak mau diajak ketemuan merupakan salah satu ciri-ciri hode yang wajib diwaspadai.

Mereka tidak mau diajak ngobrol lewat telepon, apalagi kalau sampai di ajak ketemuan. Bisa-bisa identitasnya sebagai hode bisa terbongkar.

Terkadang para gamer mengadakan acara gathering, terutama kalau kamu bergabung dalam satu klub besar. Setidaknya acara gathering ini dijadikan sebagai ajang kopi darat bagi anggota klub supaya makin akrab.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu hode di game online dan ciri-cirinya. Jangan mudah percaya dengan siapapun yang belum kita kenal ketika berada di dunia maya, baik di game maupun media sosial.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Boy William Foto Bareng Gamer Cantik, Netizen: Spesialis Gimmick Pacaran