Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 03 Maret 2022 | 13:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pengembang dan publisher game asal Indonesia, Toge Productions resmi mengumumkan akuisisi pada Tahoe Games. Kabar ini disampaikan melalui situs resminya pada 1 Maret 2022 kemarin.

Tahoe Games adalah pengembang game indie yang berbasis di Kediri, Jawa Timur. Mereka telah mengembangkan sejumlah judul game, seperti Rising Hell yang mendapatkan respon positif saat diluncurkan.

Rising Hell sendiri resmi meluncur pada 19 Mei 2021 kemarin. Peluncuran game platformer roguelike ini menggandeng Toge Productions dan Neon Doctrine sebagai publisher.

Sedangkan Toge Productions sendiri terkenal sebagai salah satu pengembang game asal Indonesia yang juga merangkap sebagai publisher. Beberapa game telah diluncurkannya dan mendapatkan tanggapan positif.

Toge Productions telah sukses menghadirkan Coffee Talk dan Infectonator series. Selain itu juga berperan sebagai publisher dari When The Past Was Around yang dikembangkan Mojiken. Juga Rage in Peace yang dikembangkan Rolling Glory Jam.

Rising Hell. (Tahoe Games)

"Kami memiliki visi untuk membantu lebih banyak pengembang game Asia Tenggara mencapai panggung global. Akuisisi ini adalah salah satu dari banyak cara yang kami harapkan untuk mencapai tujuan ini," kata Kris Antoni, CEO Toge Productions.

"Kami telah bekerja secara ekstensif dengan tim di Tahoe Games di Rising Hell dan sudah memiliki hubungan yang baik dengan mereka. Kami sangat senang memiliki pengembang berbakat yang bergabung dengan kami di Toge Productions." lanjutnya.

Melalui akuisisi Tahoe Games ini, Toge Productions berharap bisa meningkatkan produksi IP Asli yang dikembangkan di bawah naungannya. Selain itu juga membuka kesempatan bagi developer di luar Jakarta ikut dalam perkembangan industri game Indonesia.

Dengan akuisisi ini, Toge Productions juga ingin membantu pengembang game indie dari latar belakang kurang mampu untuk bisa masuk ke panggung internasional dan menunjukkan kreativitas mereka.

"Akuisisi antara Toge Productions dan Tahoe Games adalah hubungan yang saling menguntungkan. Kami menyetujui tawaran ini karena tujuan yang sama yang kami miliki bersama untuk lebih mendidik dan memberikan kesempatan bagi talenta yang kurang terwakili yang tidak selalu memiliki kesempatan yang sama kepada orang-orang yang tinggal di kota besar atau di luar negeri," kata Robertus R. Haris , salah satu pendiri Tahoe Games.

"Dengan akuisisi ini, kami berharap sanggar-sanggar di Kediri semakin besar dan mampu menyalurkan seluruh talenta yang ada di Kediri dan sekitarnya." lanjutnya.

Coffee Talk. (Toge Productions)

Kedepannya, Tahoe Games resmi bergabung dan menjadi cabang Toge Productions di Kediri. Soal nama, mereka tetap mempertahankan "Tahoe Games". Sedangkan IP asli mereka kini dipegang Toge Productions.

Sebelum akuisisi Tahoe Games. diketahui juga kalau Toge Productions memiliki saham minoritas du Mojiken Studio yang berbasis di Surabaya. Juga dengan Gamechanger Studio yang berbasis di Tangerang.

BACA SELANJUTNYA

Sega Siap Akuisisi Rovio "Angry Birds" Senilai Belasan Triliun Rupiah