Rabu, 28 September 2022
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Juni 2022 | 18:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Film dan video game ternyata sudah lama saling berkaitan. Ada beberapa film yang ternyata diadaptasi dari video game. Contoh film adaptasi video game adalah Pokemon atau Resident Evil dan masih banyak lagi.

Sayangnya, hasil dari alih franchise vide game ke film tersebut bisa saja sukses besar, tetapi banyak juga yang gagal.

Baik dalam pemasaran atau dari produk filmnya sendiri. Tidak jarang, game yang laris tidak sejalan dengan film yang mengadaptasinya. Sebaliknya pula, game yang tidak laris bisa saja adaptasi filmnya laris.

Namun tidak sedikit juga film adaptasi video game yang sukses besar. Film apakah itu? Berikut film adaptasi video game paling sukses yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. King Of Prism By Pretty Rhythm (2016) – 500.000.000 Yen (3.7 Juta dolar AS)

King Of Prism By Pretty Rhythm. (IMDB)

Adaptasi film Pretty Rhythm pertama mengambil kesuksesan besar dari serial anime-nya. Catatan menarik tentang King of Prism adalah sering dianggap sebagai salah satu pelopor gerakan “Cheer Screening” di Jepang.

2. Aikatsu! The Movie (2014) – 560,000,000 Yen (4.279.000 dolar AS)

Aikatsu! The Movie. (IMDB)

Waralaba Aikatsu adalah salah satu yang dapat membingungkan orang di luar budaya arcade Jepang. Awalnya merupakan perpaduan antara game arcade dan game Collectible Card, fokus utama dari seri ini adalah membantu berbagai gadis remaja memenuhi impian mereka untuk menjadi "idola".

Franchise ini telah melahirkan sederetan game 3DS, anime yang sangat populer, dan ternyata, film khusus Jepang yang cukup sukses.

3. King Of Prism: Pride The Hero (2017) – 600.000.000 Yen (4,6 Juta dolar AS)

King Of Prism: Pride The Hero. (IMDB)

King of Prism: Pride The Hero adalah film anime berdasarkan permainan ritme bertema menari yang sangat populer, Pretty Rhythm. Ini sebenarnya adalah seri kedua dari tiga film yang berfokus pada plot aneh yang menyangkut pencurian kekayaan intelektual.

Selain plotnya, yang membuat film ini menarik adalah secara teknis merupakan spin-off dari spin-off, yang secara teknis tidak didasarkan pada game, tetapi pada adaptasi anime game tersebut. Adaptasi ini awalnya ditugaskan sebagai serial anime yang berfokus pada karakter utama game.

4. Monster Strike: The Movie (2016) – 740.000.000 Yen (5,6 Juta dolar AS)

Monster Strike: The Movie . (IMDB)

Monster Strike adalah RPG eksklusif seluler Jepang yang menggabungkan elemen permainan puzzle. Ini adalah game seluler yang sukses sepanjang masa yang telah mengumpulkan pendapatan 7,2 miliar dolar AS pada tahun 2018.

Ketika mengadaptasi game menjadi film, Taku Kishimoto dipilih untuk mengubah cerita game menjadi sesuatu yang akan berhasil di layar.

Kishimoto dikenal karena menghidupkan beberapa serial anime populer, seperti Haikyuu!!,Erased, dan Fruits Basket, dan level polesannya pasti terasa dalam skenario kreatifnya yang luar biasa untuk Monster Strike: The Movie.

5. The IdolMaster Movie: Beyond The Brilliant Future! (2014) – 772,973,700 Yen (5.9 Juta dolar AS)

The IdolMaster Movie: Beyond The Brilliant Future!. (IMDB)

Meskipun genre ini telah sukses di belahan dunia lain, IdolMaster adalah beberapa video game paling sukses yang pernah ada di Jepang. Apa yang membedakan seri IdolMaster dari permainan ritme lainnya adalah bahwa mereka juga "kehidupan Sims", yang melihat pemain menjadi sepenuhnya tenggelam dalam kehidupan calon "idola" yang mereka mainkan, menciptakan hubungan dengan karakter di dalamnya.

Tingkat koneksi ini berfungsi untuk menciptakan banyak karakter yang dicintai dan diwujudkan dengan baik yang membantu menarik banyak penonton Jepang terhadap rilis adaptasi film, yang melihat kembalinya box office yang cukup besar.

6. Forbidden Siren (2006) – 790,000,000 Yen (6 Juta dolar AS)

Forbidden Siren. (IMDB)

Di Jepang, bagaimanapun, adaptasi dari franchise Siren yang fantastis ini berhasil memiliki box office yang cukup mengesankan, dan saat ini menjadi film B yang dikenang baik oleh penggemar maupun penggemar horor.

7. Yo-Kai Watch: Forever Friends (2018) – 1,250,000,000 Yen (9.6 Juta dolar AS)

Yo-Kai Watch: Forever Friends. (IMDB)

Film ini hanyalah salah satu dari banyak adaptasi sejak rilis game Yo-Kai Watch pertama pada tahun 2013. Berperan sebagai prekuel dari serial anime Yo-Kai Watch, film ini wajib harus ditonton oleh para penggemar franchise Yo-Kai Watch.

Pengaturannya yang terinspirasi tahun 1960-an sangat cocok untuk kisah perburuan Yo-Kai dan keajaiban persahabatan.

8. Animal Crossing (2006) – 1,700,000,000 Yen (12.9 Juta dolar AS)

Animal Crossing - Gekijô-ban Dôbutsu no Mori. (IMDB)

Mempertimbangkan betapa populernya serial Animal Crossing dalam beberapa tahun terakhir, mungkin tampak aneh bahwa film eponymous tidak pernah dirilis secara luas di luar Jepang, dan hanya rilis dengan subtitle bahasa asing.

Kembali pada pertengahan 2000-an, Animal Crossing dianggap sebagai waralaba video game yang menarik. Namun di Jepang, serial ini sudah menjadi fenomena yang nyata, sebesar sekarang ini, sehingga sambutan hangat yang diterima film ini.

9. Yo-Kai Watch Shadowside: Oni-O no Fukkatsu (2017) – 2,040,000,000 Yen (15.6 Juta dolar AS)

Yo-Kai Watch Shadowside: Oni-O no Fukkatsu. (IMDB)

Film ini adalah kelas master sebagai sebuah film.Menariknya, sementara Shadowside bekerja dengan baik sebagai bagian dari seri film, itu sebenarnya sangat mempengaruhi pengetahuan waralaba.

Film ini memperkenalkan salah satu pengaturan “waktu” utama dari game Yo-Kai Watch keempat.

10. Yo-Kai Watch: Soratobu Kujira to Double No Sekai no Daiboken da Nyan! (2016) – 3,260,000,000 Yen (25 Juta dolar AS)

Yo-Kai Watch: Soratobu Kujira to Double No Sekai no Daiboken da Nyan!. (IMDB)

Film Yo-Kai Watch ketiga, kadang-kadang dikenal sebagai Yo-Kai Watch The Movie: A Whole of Two Worlds, berhasil mengumpulkan 25 juta dolar AS, menjadikannya film video game terlaris yang tidak pernah menerima rilis internasional skala penuh.

Jumlah uang itu juga menjadikannya salah satu film Jepang terlaris tahun 2016, dan Soratobu Kujira to Double No Sekai no Daiboken da Nyan! menjadi film yang paling banyak ditonton di negara ini selama minggu pertama peluncurannya. 

Itulah seputluh film adaptasi video game tersukses di Jepang secara pendapatan. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Sempat Beredar, Facebook dan Twitter Hapus Video Penembakan Shinzo Abe