Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 26 September 2022 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nerf dan buff tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para gamers. Nerf dan buff adalah istilah yang sering digunakan pemain terutama saat memainkan game MOBA. "Nerf" dan "Buff" adalah istilah slang dalam game.

"Buff" berarti meningkatkan tingkat kekuatan hero atau karakter. Ini dapat dilakukan secara permanen melalui patch game atau sementara dengan item dalam game.  "Nerf" berarti hero atau karakter menjadi lebih lemah.

Akhir-akhir ini banyak istilah dalam game yang membuat gamer bingung karena bukan berasal dari serapan bahasa Indonesia. Bahkan, beberapa istilah dalam game tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa tertentu karena memang khusus dimaksudkan untuk game.

Bagi kamu yang masih asing atau baru mendengar nerf dan buff, kamu bisa menyimak artikel ini. Berikut penjelasan neft dan buff di game yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Penjelasan Nerf dan Buff

Ilustrasi salah satu game online Call of Duty Warzone Mobile. (Activision)

"Nerf" adalah istilah negatif. Ini berarti bahwa karakter atau item telah dibuat lebih buruk atau lemah. Ini biasanya menjadi pilihan para pengembang. Bisa juga dikatakan, nerf adalah perubahan yang dilakukan pengembang terhadap sebagian objek untuk mengurangi kekuatan atau power untuk menstabilkan gameplay di dalam game.

"Buff" adalah istilah positif. Ini mengacu pada sesuatu yang baik terjadi pada karakter, item, atau pemain. Singkatnya, Buff adalah perubahan yang dilakukan pengembang terhadap sebagian objek untuk menambah kekuatan atau power untuk menstabilkan gameplay.

Asal Usul Nerf dan Buff

Ilustrasi game online, Mobile Legends - Aldous. (fandom)

Istilah  â€œnerf” atau “nerfing” masuk dalam kosakata game online karena game Ultima Online. Istilah ini dengan cepat diadopsi sebagai singkatan untuk membuat item, karakter, atau kemampuan lebih lemah dalam game apa pun.

Istilah ini pertama kali muncul di The New York Times pada tahun 2002 dalam sebuah wawancara dengan Gaute Godager. Dia adalah pengembang utama dari sci-fi MMORPG Anarchy Online, yang berbagi beberapa pujian untuk mempopulerkan antitesis dari kutu buku dalam budaya game.

Beberapa pengguna di forum Gaming Stack Exchange mengatakan bahwa buff pertama kali diperkenalkan ke permainan dunia seperti Anarchy Online dan Everquest pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Tapi buff memiliki arti yang sedikit berbeda saat itu. Buff dalam konteks ini adalah "debuff," yang secara harfiah adalah kutukan atau mantra berbahaya yang digunakan untuk memperlambat musuh atau memberikan kerusakan dari waktu ke waktu.

Proses Nerf dan Buff di Game

Ilustrasi game online Dota 2.(Steam)

Nerf dan Buff tidak bisa dilakukan serta merta oleh gamer, namun oleh pengembang. Biasanya, pengembang akan melakukan voting terlebih dahulu tentang karakter yang akan di Nerf atau Buff.

Voting akan dilakukan dengan melibatkan semua game tersebut di seluruh dunia. Baru setelah itu, pengembang akan mengeksekusinya, melakukan nerf dan buff.

Itulah penjelasan Nerf dan Buff di game yang mungkin sedang kamu cari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Baru di Buff, Oura Kagum Lihat Hero Fighter yang Punya Damage Sakit dan Darah Tebal Ini