Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 31 Januari 2023 | 16:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mobile Legends Professional League Season 10 atau MPL Indonesia Season 10 ternyata belum mengantongi izin Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Pihak penyelenggarapan lansung menyampaikan permintaan maaf kepada PBESI atas terselenggaranya turnamen Esports Mobile Legends paling bergengsi di Indonesia tanpa izin mereka.

Melalui akun media sosial MPL Indonesia, menyampaikan permintan maaf kepada PBESI dengan mengakui telah lalai mengelar MPL Indonesia season 10 meski belum berizin.

Permintaan maaf itu disampaikan oleh MPL Indonesia karena mereka belum meminta izin dan memperoleh rekomendasi dari PBESI pada MPL S10.

Kedudukan PBESI di Esports Indonesia

Perlu diketahui, PBESI merupakan induk organisasi cabang olahraga Esports di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia. Mereka adalah induk organisasi eSports yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Karena itu, pengelola MPL Indonesia pun menyampaikan permintaan maaf dan mengakui kesalahan mereka mengelar kejuaraan Mobile Legends tingkat nasional tersebut.

"Penyelenggara Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 10, dengan ini kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Para Peserta Mobile Legends: Bang Bang Professional League Season 10, Publik secara luas atas kelalaian Kami dalam menyelenggarakan Mobile Legends: Bang Bang Professional League Season 10 tanpa adanya izin dan rekomendasi dari PBESI. Kami mengakui dan sepenuhnya menyadari bahwa hal tersebut merupakan kesalahan kami akibat ketidaktelitian kami. Melalui release ini, Kami juga menyatakan bahwa Kami mengakui PBESI sebagai satu-satunya Induk Organisasi Cabang Olahraga Esports yang diakui oleh Pemerintah Indonesia," tulis akun resmi Twitter MPL Indonesia.

MPL Indonesia meminta maaf kepada PBESI. (Twitter @mplidofficial)

Dalam dokumen peraturan milik PBESI, organisasi tersebut mempunyai wewenang dalam mengatur serta mengawasi jalannya eSports di Indonesia.

Mereka juga satu-satunya induk organisasi cabang olahraga yang berhak menentukan suatu game untuk dapat diakui sebagai eSports di Tanah Air.

Peraturan PBESI tentang liga dan turnamen eSports. (PBESI)

Terkait peraturan liga dan turnamen, pertandingan eSports yang berbentuk liga hanya dapat diselenggarakan dengan izin PBESI.

Pengurus Besar Esports Indonesia bahkan mempunyai wewenang untuk menghentikan jalannya liga apabila penyelenggaraannya belum memiliki izin.

Melalui pernyataan resmi, MPL Indonesia berkomitmen bahwa mereka akan mematuhi semua peraturan dan kebijakan dari PBESI. Cuitan pernyataan resmi itu memancing pro dan kontra dari netizen serta pemerhati eSports.

BACA SELANJUTNYA

RRQ Mika, GPX Basreng, Kagendra, dan MBR Delphyne Jadi Pembuka Playoff UniPin Ladies Series ID S3