Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 31 Januari 2023 | 18:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Rekomendasi game buatan Indonesia bisa kamu coba jika kamu bosan dengan game yang biasa dimainkan. Game buatan Indonesia mampu bersaing dengan game buatan luar negeri. Dari segi kualitas permainan tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu faktor utama keseruan bermain game adalah kecerdikan developer Indonesia dalam memberikan sajian visual grafis. Semakin bagus kualitas visualnya, maka semakin bersemangat para gamers untuk memainkan game tersebut.

Game bersifat adiktif karena mampu memberikan alur cerita yang menarik. Melihat peluang tersebut, developer Indonesia memanfaatkannya untuk menembus pasar internasional. Berikut rekomendasi game buatan Indonesia yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Coffee Talk. (Toge Productions)

1. A Space for the Unbound

Jika kamu penasaran dengan game yang memiliki suasana Indonesia di era 90an, kamu wajib mencoba game yang satu ini. Nuansa tahun 90an semakin kental dengan balutan pixel art yang cukup memanjakan mata. Bagi kamu yang suka dengan game yang mengutamakan story, maka patut dipertimbangkan.

Gameplay yang ditawarkan cukup simpel: eksplorasi kota, berbicara dengan warga, dan selesaikan puzzle yang ada untuk mengetahui dan memecahkan masalah mereka. Game ini juga sudah menyediakan versi demonya yang bisa kamu download di Steam.

2. Coffee Talk

Game buatan Indonesia ini cocok untuk kamu yang mencari game santai. Dalam Coffee Talk, kamu bermain sebagai seorang barista di sebuah Coffee Shop. Tugas kamu menyajikan kopi terbaik untuk pelanggan dan mendengarkan cerita mereka.

3. Rage in Peace

Rage in Peace adalah game bergenre platformer side-scrolling yang memadukan adventure dengan grafis 2D penuh warna. Mengisahkan Timmy Malinu, seorang pemuda 27 tahun yang berjuang melawan takdir kematian. Sosok berwajah imut ini harus berjuang melawan rintangan untuk bertahan hidup.

4. Rising Hell

Rising Hell merupakan game 2D platformer yang mengusung genre Metroidvania. Dalam game ini pemain harus berjuang untuk bertahan hidup di dasar neraka yang dipenuhi dengan monster dan bahaya mengerikan yang siap merenggut nyawa kapan saja. Demi menghadapi tantangannya, pemain akan diberikan akses berbagai persenjataan dan gaya bertarung baru demi keluar dari dasar neraka dan meraih kebebasan.

5. Potion Permit

Game besutan MassHive Media ini akan memberikan kamu misi untuk menjadi ahli kimia dan membantu menyembuhkan penduduk di kota kecil. Kamu akan menjadi dokter dan tinggal di kota Moonbury yang memiliki jumlah penduduk 30 orang.

Warga yang merasa sedih akan datang untuk berkonsultasi dan kamu memiliki tugas untuk mendiagnosis gejala mereka dan meramu obat untuk mereka. Kamu bisa berpetualang di sekitar kota untuk menemukan bahan untuk membuat obat-obatan.

6. What Comes After

What Comes After adalah sebuah game pendek yang bercerita soal karakter wanita bernama Vivi yang menemukan dirinya terbangun di sebuah kereta yang berisikan jiwa-jiwa banyak makhluk, dari manusia, binatang, hingga tumbuhan. What Comes After punya durasi bermain yang cukup singkat kurang lebih satu hingga dua jam. Tapi selama durasi itu kamu akan disajikan dengan cerita yang menarik tentang hidup dan mati.

Coral Island. (Stairway Games)

7. Coral Island

Game Corals Island berhasil memenangkan penghargaan Baparekraf Game Prime 2021 Online kategori Most Anticipated Games. Game RPG Corals Island dibesut oleh Stairway Games.Coral Island merupakan sebuah game simulasi yang kental dengan latas unsur budaya Asia Tenggara.

Menariknya, di dalam game ini terdapat bangunan yang terinspirasi dari rancangan tradisional Bali. Game tersebut juga dikembangkan menggunakan mesin game besutan Epic Games, Unreal Engine. Coral Island dijadwalkan bakal rilis pada 11 Oktober 2022.

8. Ultra Space Battle Brawl

Melalui game ini, pemain akan merasakan dua jenis permainan. Dengan membawa konsep permainan pong, yang dibalut esensi pertempuran dengan steroid. Bisa dikatakan, permainan ini cukup kompetitif. Meskipun sulit untuk dikuasai, kenyataannya, Ultra Space Battle Brawl memberikan kesenangan yang luar biasa.

9. Kitaria Fables

Game Kitaria Fables mengusung genre action-RPG. Game ini menawarkan gameplay petualangan aksi yang memiliki elemen RPG dan pertanian. Berbekal pedang, busur dan buku mantra, kamu memiliki tugas untuk melawan kegelapan yang mencekam dunia. Kamu juga bisa mencari berbagai relik dan sumber daya serta menyelesaikan misi secara solo-player atau bahkan dengan teman secara online.

10. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Pamali adalah game dari mitologi Indonesia yang menawarkan kiasan dan pemahaman yang mendalam tentang adat istiadat. Pamali adalah game horor orang pertama yang dibagi menjadi empat episode, masing-masing berfokus pada makhluk yang berbeda dari legenda Indonesia, dari Pocong yang terkenal hingga Leak.

Game ini menggabungkan pengetahuan tentang mitologi Indonesia, yang kemudian dibagikan kepada pemain, menyempurnakan setiap sesi dengan fakta dan detail baru. Misalnya, setelah setiap akhir, akan ada deskripsi tindakan pemain tanpa disadari yang membuat marah roh. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Memeriahkan Ramadan, POCO Indonesia Hadirkan Harga Menarik