Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 01 Februari 2023 | 13:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) telah mengajukan daftar pelatih Timnas eSports kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Terdapat enam nomor pertandingan yang diikuti oleh Timnas eSports Indonesia.

Sebagai informasi, eSports merupakan salah satu cabang olahraga yang bakal dipertandingkan di SEA Games 2023.

"Dengan persetujuan Komite Penyelenggara Nasional Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32, Federasi eSports Kamboja akan menggantikan League of Legends (Beregu Wanita) dengan Valorant," bunyi salah satu keterangan pada dokumen resmi milik Federasi eSports Kamboja yang ditandatangani di Phnom Penh pada 30 Desember 2022.

Terdapat enam game yang tersebar pada 9 nomor pertandingan berbeda. Sebagai pengingat, SEA Games 2021 memasukkan 8 game eSports ke dalam 10 nomor pertandingan.

Terdapat pengurangan dua game dibanding SEA Games edisi sebelumnya. Jika dilihat dari unggahan media sosial milik PBESI dan Garudaku, Indonesia hanya mengirim enam nomor pertandingan dari empat game.

Zeys jadi pelatih Timnas Mobile Legends di SEA Games 2023. (Instagram/ @garudaku.esi)

AK2 (PC, Pria dan Wanita) dan League of Legends Wild Rift (Pria) tak tercantum pada daftar nomor pertandingan eSports di PBESI.

Belum diketahui apakah terdapat pengumuman susulan atau tidak. Dikutip dari akun media sosial PBESI dan Garudaku, berikut daftar pelatih Timnas Esports Indonesia di SEA Games 2023:

  • Mobile Legends: Bang Bang (Pria) = Bjorn Ong a.k.a Zeys
  • Mobile Legends: Bang Bang (Wanita) = Tasia Eda Lestari a.k.a Tazy
  • PUBG Mobile (Squad 1) = Steven Valerian Danilo a.k.a S1NYO
  • PUBG Mobile (Squad 2) = Jendra Wahyudi a.k.a CAPT
  • PUBG Mobile (Solo) = Robby Mahardika Saputra a.k.a NATIC
  • Valorant = Baskoro Dwi Putra a.k.a roseau
  • Crossfire = Andrew Joseph a.k.a Bali

"Keenam nomor pertandingan ini akan diajukan PBESI kepada Kemenpora untuk peninjauan final sebelum diikutsertakan dalam SEA Games 2023. Para pelatih yang bertugas sudah melalui proses seleksi selama 2 bulan dan sudah melakukan wawancara minimal dua kali dengan berbagai komponen timnas," bunyi keterangan dari PBESI.

Pada SEA Games Hanoi 2021, Timnas Esports Indonesia meraih 2 medali emas (Free Fire Tim Garuda, PUBG Mobile Beregu), 3 perak (Free Fire Tim Rajawali, PUBG Mobile Solo, dan Mobile Legends), serta 1 medali perunggu (Crossfire).

Timnas Esports Indonesia diharapkan ikut menyumbang banyak medali pada SEA Games 2023 mendatang. Perlu diketahui, SEA Games 2023 bakal berlangsung pada 5 hingga 17 Mei di Kamboja.

BACA SELANJUTNYA

HP Flagship Xiaomi 14 Siap Hadir ke Indonesia, Catat Tanggalnya