Minggu, 26 Maret 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 03 Februari 2023 | 20:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) telah mengungkap bahwa mereka akan memulai tahapan Seleksi Nasional pada awal bulan ini. Akun media sosial resmi PB ESI dan Garudaku juga sudah mengumumkan puluhan nama atlet eSports yang dipanggil ke Seleknas.

Melalui keterangan resminya, proses Seleknas akan menggunakan pendekatan inovatif berbasis keilmuan yang juga dikenal dengan sports science.

PB ESI berharap bahwa mereka dapat memilih pemain-pemain terbaik untuk mewakili Tanah Air di panggung internasional. Dilihat dari akun media sosial PB ESI, proses Seleknas dimulai pada awal Februari 2023.

Tahap awal meliputi pengumuman pelatih Tim Nasional Esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023, pengumuman dan pemanggilan atlet-atlet esports tanah air yang akan mengikuti seleksi menuju tahap Pelatnas, serta serangkaian tes psikologi dan kesehatan yang dijadwalkan berlangsung hingga pekan depan.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo mengatakan bahwa catatan prestasi Timnas Esports membanggakan dan terus menunjukkan tren positif di bawah kepemimpinan Ketua Umum PB ESI Budi Gunawan.

Suasana Tes Psikologi Seleknas Esports SEA Games 32 Kamboja 2023. (PB ESI)

Tim Esports Indonesia berhasil meraih prestasi 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu pada SEA Games ke-31 Hanoi 2021 dan menjadi Juara Umum pada Kejuaraan Dunia IESF ke-14 yang berlangsung di Bali pada Desember 2022.

“Kami mengemban tanggung jawab yang besar dari negara untuk menjadikan esports sebagai salah satu pilar utama yang mampu menyokong prestasi olahraga Indonesia pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023 nanti. Sebuah amanat yang harus kami jawab dengan keseriusan dalam menyusun program yang strategis, dari persiapan hingga pada pelaksanaan kompetisinya nanti,” ujar Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo.

Perwakilan PB ESI turut mengungkap bahwa mereka menghadirkan para pakar profesional untuk menentukan siapa saja yang terpilih di Timnas Esports untuk SEA Games 2023.

Tes Psikologi Atlet Seleknas Esports SEA Games Kamboja 2023. (PB ESI)

“Bertanding atas nama negara berbeda dengan bertanding atas nama perorangan ataupun klub. Diperlukan atlet-atlet yang tidak saja memiliki skill yang piawai, namun juga mental yang kuat, karakter yang positif, berintegritas, serta memiliki semangat bela negara yang tinggi. PB ESI melakukan asesmen dengan sangat seksama berdasarkan data, observasi, prestasi, kesiapan mental, dan analisis-analisis profesional dari para pakar di bidangnya,” tutur Ketua Harian PB ESI menjelaskan.

SEA Games 2023 akan mempertandingkan sembilan nomor game. Berdasarkan analis-analis dan proyeksi peluang, PB ESI mengajukan untuk dapat mengikuti 6 (enam) nomor game.

Nomor-nomor game tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Men, Mobile Legends: Bang Bang Women, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire.

Khusus untuk PUBG Mobile Squad, PB ESI mengajukan untuk dapat memberangkatkan sesuai dengan kuota yang disediakan penyelenggara, yaitu 2 (dua) tim.

“Jumlah atlet esports yang dipanggil untuk mengikuti Seleknas masih mungkin bertambah. Komitmen kami sangat jelas, bahwa tahap Seleknas adalah tahap dimana kami akan melakukan seleksi yang sebaik-baiknya, berdasarkan analisis yang sangat komprehensif dari pelatih dan tenaga profesional, mengandalkan sports science, serta terus mencermati dinamika sehingga kami benar-benar dapat memilih talenta-talenta terbaik bangsa yang punya rekam jejak prestasi yang mumpuni, mempunyai mental dan karakter yang terpuji, serta memiliki kebugaran fisik yang prima,” ujar Christian Surjadi Wakil Ketua Badan Tim Nasional Esports SEA Games Kamboja 2023 yang juga merupakan Kepala Bidang Pelatih dan Wasit PB ESI.

Mengingat Timnas Esports memperoleh banyak medali di SEA Games 2021, mereka diharapkan dapat meraih hasil maksimal di SEA Games 2023 mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Raih Tiket Upper Bracket, Coach Yeb Percaya Diri dengan Skuat ONIC Saat Ini