Minggu, 04 Juni 2023
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Februari 2023 | 19:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hogwarts Legacy menjadi game baru yang melonjak popularitasnya. Sayangnya juga jadi incaran para pelaku kejahatan siber untuk memancing mangsanya.

Game baru Hogwarts Legacy sendiri telah diluncurkan pada 10 Februari 2023 kemarin untuk berbagai platform, dari PC, PS5 hingga Xbox.

Hogwarts Legacy yang mengusung dunia dari universe Harry Potter ini pun menarik perhatian para Potterheads atau sebutan untuk fans novel dan film soal sekolah sihir tersebut.

Rasa penasaran dan popularitas Hogwarts Legacy ini pun jadi sasaran penjahat dunia maya yang menawarkan unduhan game baru "Hogwarts Legacy" yang diretas untuk PC di tengah rilis.

Meskipun saat gamenya belum dirilis, peneliti Kaspersky telah menemukan banyak contoh situs yang menawarkan unduhan "Hogwarts Legacy" di PC.

Namun, ketika mengunduh game yang di-crack, para gamer, justru mengunduh malware atau perangkat lunak yang tidak diinginkan di perangkat mereka.

Program penyebaran dapat bervariasi mulai dari adware, menampilkan iklan di layar pengguna, hingga trojan, mengumpulkan informasi tentang pengguna secara diam-diam.

Penipuan pada game Hogwarts Legacy. [Kaspersky]

Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky melihat, game tentang dunia Harry Potter bahkan belum keluar, tetapi sudah menjadi fenomena nyata, dibicarakan oleh banyak gamer di seluruh dunia.

Dia menambahkan, dengan basis penggemar yang begitu besar, game ini telah menjadi target penjahat dunia maya yang ingin memanfaatkan popularitas kisah terkenal dunia tersebut.

"Saran kami selalu waspada dan hanya mengunduh game dari toko aplikasi resmi dan jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan tepercaya," pungkasnya dalam keterangan resminya, Minggu (12/2/2023).

Karena itu hanya download game baru Hogwarts Legacy di platform resmi, untuk PC tersedia di Steam dan Epic Games Store.

Jangan sembarang download Hogwarts Legacy dengan crack, karena berpotensi jadi korban pelaku kejatahan siber. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Mau Telurkan Redmi Note 12 Turbo Edisi Harry Potter, Apa yang Spesial?