Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Maret 2023 | 18:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Buat para pemain Mobile Legends, apakah marah-marah usai kalah push rank bikin puasa batal? Mengingat sebentar lagi memasuki Bulan Ramadhan, persiapkan sejak dini.

Masih bisakah push rank Mobile Legends di Bulan Ramadhan, bagaimana jika kalah saat puasa? Apakah marah-marah usai kalah push rank bikin puasa batal?

Game Mobile Legends bisa menjadi lingkungan yang sangat kompetitif yang biasanya dikaitkan dengan emosi negatif seperti kecemasan dan stres. Namun, sedikit perhatian diberikan pada regulasi emosional dalam game ini.

Sudah bukan rahasia lagi jika bermain game Mobile Legends terkadang memancing emosi dan amarah. Apalagi jika dalam satu tim ada pemain yang egois, suka troll, dan lain-lain. Apalagi di bulan Ramadhan, kita harus benar-benar menjaga emosi agar puasa tidak batal.

Bermain game memang menyenangkan dan bisa membuat kita lupa waktu dan membuat hari terasa lebih cepat. Hal ini bisa menjadi sia-sia karena kamu jadi tidak punya waktu untuk melakukan ibadah lain. Meskipun demikian, bermain game bukan perkara yang diharamkan saat bulan puasa.

Hanya saja kamu harus berhati-hati saat bermain game. Karena bermain game seperti push rank Mobile Legends berpotensi merusak puasamu sehingga dapat membatalkan puasa.

Lalu apa hukumnya marah-marah saat puasa? Apakah marah-marah usai kalah push rank bikin puasa batal? Harus kamu ketahui yang ingin push rank Mobile Legends di Bulan Ramadhan.

Berikut hukum marah-marah saat bermain game di bulan puasa yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Hukum Marah-marah Saat Bermain Game

Pada dasarnya bermain games yang mengandung nilai positif dan tidak ditemukan unsur judi itu diperbolehkan dengan catatan tidak sampai melalaikan kewajibannya sebagai Muslim. Seperti beribadah dan tetap menahan nafsu.

Hal ini menandakan bahwa permainan games itu memiliki dampak sejauh mana bagi yang memainkannya. Jika permainan games yang dilakukan memberikan dampak yang tidak semestinya seperti malah membuat pelakunya malas dan mengurangi etos kerjanya maka itu bisa menjadi makruh.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis menjelaskan, bahwa marah atau bertengkar tidak membatalkan puasa. Namun, orang yang marah atau bertengkar berarti pahala puasanya telah hilang. Selain itu, meski puasanya dihitung sah, puasanya tersebut tak berdampak apa-apa.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Dosen Tafsir Hadits Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Sahiron. Sahiron mengungkapkan, orang yang marah ketika puasa maka pahalanya akan berkurang. Intinya adalah bahwa segala kemaksiatan yang dilakukan ketika berpuasa itu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala berpuasa.

Namun, terkait perbuatan itu membatalkan puasa atau tidak atau mengurangi nilai pahala, Sahiron berpendapat hal itu bukan kewenangan manusia untuk menentukannya. Itulah hukum marah-marah saat bermain game atau push rank di bulan puasa yang bisa kamu jadikan pertimbangan dan informasi.

Itulah penjelasan apakah marah-marah usai kalah push rank bikin puasa batal? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang berniat push rank Mobile Legends di Bulan Ramadhan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

UniPin Ladies Series Season 3: Ajang Unjuk Gigi Tim-Tim MLBB Perempuan Terbesar di Tanah Air