Minggu, 28 April 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 27 April 2023 | 09:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple secara resmi sudah menandatangani kerja sama dengan Samsung dan LG untuk pasoran layar microLED yang akan digunakan di beberapa perangkat mendatang.

Seperti laporan sebelumnya, perusahaan teknologi ini kemungkinan akan meninggalkan layar OLED dan beralih ke layar microLED untuk perangkat barunya yang rilis di tahun 2024 mendatang.

Dilansir dari GSM Arena, laporan dari Institute for Information & Communications Technology Promotion (IITP), Apple akhirnya akan melakukan produksi untuk layar microLED.

Namun, untuk awal transisi layar OLED ke microLED, Apple membutuhkan bantuan dari perusahaan panel asal Korea Selatan, Samsung Display serta LG Display.

Transisi layar OLED ke microLED dipercaya akan berlangsung di akhir 2023 mendatang. Sedangkan masa produksi untuk layar microLED yang akan dilakukan oleh Apple baru dimulai pada 2024 mendatang.

LG Magnit membawa layar microLED 163 inci. (LG)

Salah satu perangkat yang akan debut dengan layar microLED ini diduga adalah Apple Watch Ultra. Usai panel matang dibuat serta harga ditetapkan, maka perangkat andalan Apple akan berganti menggunakan microLED.

Menurut rencana, perangkat iPhone dengan layar microLED ini akan meluncur dan rilis secara resmi pada tahun 2025 mendatang. Jika benar, maka iPhone 16 Series menjadi yang pertama mencicipi layar tersebut.

Akan memproduksi layar microLED sendiri, Apple sebenarnya cukup sukses ketika mulai mandiri dan tidak terikat dengan perusahaan teknologi lainnya.

Hal ini nampak pada perilisan chipset prosesor M1 yang baru saja diperkenalkan. Apple bahkan mampu bersaing dengan perusahaan chipset besar lainnya seperti Intel, Qualcomm dan Broadcom.

BACA SELANJUTNYA

Software Update Samsung Galaxy Tab S9 Series, Hadirkan Galaxy AI